Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Bangun Pabrik Baru di Malaysia

Kompas.com - 05/06/2013, 16:29 WIB

Hiroshima, KompasOtomotif – Kendati pasar mobil Malaysia hanya separo Indonesia, namun Mazda lebih tertarik membangun pabrik barudi negara tetangga tersebut. Buktinya, hari ini Mazda Motor Corporation (MMC) mengumumkan bahwa Mazda Malaysia - perusahaan pantungan yang merakit dan menjual Mazda di Malaysia - telah membeli perakitan atau perusahaan karoseri (body shop) Inokom Corporation Sdn. Bhd., sekaligus mengumumkan pembangunan pabrik baru yang sudah mulai dibangun dari Mei lalu.

Selama ini, Inokom secara eksklusif diberi kepercayaan oleh Mazda Malaysia merakit Mazda yang dijual di negara tersebut. Mazda Malaysia, adalah perusahaan pantungan, MMC (70 persen) dan Bermaz Motor Sdn.Bhd (30 persen).
Menurut MMC, Inokom adalah perusahaan karoseri yang merakit khusus Mazd di Kulim, negara bagian Kedah. Dengan memiliki pabrik sendiri, Mazda Malaysia berharap bisa menentukan dan mengubah rencana produksi serta kontrol kualitas dengan cepat.

100 miliar
Pabrik baru yang dibangun Mazda di Malaysia diperkirakan selesai tahun depan. Nantinya, Mazda CX-5 yang saat ini dirakit di Inokom, akan dpindahkan ke pabrik baru ini yang berada di samping perakitan lama.

Untuk ini Mazda harus mengucurkan dana100 juta ringgit atau sekitar Rp 100 miliar. Dengan pabrik baru, Mazda berharap produksinya di Malaysia akan bertambah 20.000 unit per tahun.

“Kami menjadikan Malaysia sebagai basis kunci di ASEAN dan sangat senang membeli perusahaan ini. Kami juga mendirikan fasilitas perakitan baru. Kami akan terus memperkuat produksi lokal dan bermitra dengan Bermaz dan Inokom,” jelas Yuji Nakamine, Direktur Mazda dan Sernior Managing Executive Officer, Mazda Motor Corp., juga President Mazda South East Asia Ltd.

Saat ini Mazda Malaysia merakit Mazda3 dan XCX-5 untuk dijual di negara itu. Direncanakan, produk kedua model tersebut 3.000 unit per tahun. 
Boleh jadi, agar CX-5 makin terjangkau di Indonesia - sekarang menjadi andalan utama Mazda di Indonesia - juga diimpor dari pabrik Malaysia ini, sama seperti Subaru dengan VX.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com