Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vololights, Lampu Rem yang Menyala Bila Kecepatan Turun

Kompas.com - 30/05/2013, 19:10 WIB

Kalifornia, KompasOtomotif – Lampu rem atau stop (termasuk tambahan), akan menyala pengendara pedal rem ditekan. Kini, Vectolabs menciptakan model baru, lampu menyala ketika tekanan pedal gas dikendorkan, baik saat pindah gigi atau akan berhenti. Lampu ini diberi nama Vololights.

Untuk ini, digunakan LED yang terintegrasi pada braket tempat pelat nomor nomor dipasang. Lampu ini menyala dua kali dalam satu detik kalau kecepatan berkurang sedikit. Lima kali dalam sedetik jika pengendara mengurangi kecepatan dengan cepat atau mengerem. Dengan metode ini, untuk keamanan lebih baik ketimbangan model konvensional yang baru menyala ketika direm ditekan (apalagi mobil direm secara mendadak). 

Saat ini, banyak pengendara sepeda motor tidak menggunakan rem untuk mengurangi kecepatan. Misalnya, hanya dengan memindah gigi ke posisi lebih rendah. Pengguna sepeda motor klasik juga perlu diberi atensi, misalnya Vespa 1960-an, tuas rem di tangan tidak disambungkan ke lampu rem.

Lampu ini bekerja dengan memanfaatkan akselerometer dan unit logik yang dipasang di belakang Vololight. Akselerometer yang selalu mengukur kecepatan, digunakan untuk menyalakan lampu rem (LED). 

Harga, 69 dollar AS (Rp 670.000) dengan ukuran yang bisa dimodifikasi. Cek web ini jika berminat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com