Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McLaren Manfaatkan Pasar China

Kompas.com - 29/05/2013, 09:28 WIB

London, KompasOtomotif - McLaren Automotive berharap bisa melipatgandakan penjualannya di Asia sepanjang tahun ini, khususnya China sebagai pemicu utama. Mirko Bordiga, Direktur McLaren Asia Pasific mengatakan, meski penjualan tidak terlalu banyak berubah pada tahun ini, pertumbuhan di Asia tahuin lalu mencapai 25 persen. Tahun ini, McLaren menargetkan penjualan global 1.400 unit.

Produsen mobil sport asal Inggris ini mulai berjualan di China dua tahun lalu dan segera meresmikan dealer keempat. Pada kuartal pertama tahun depan, jumlah jaringan akan bertambah 4 delaer lagi. Sejumlah pengamat memprediksi, penjualan mobil premium di China akan melampaui pasar Amerika Serikat pada 2016.

"Tahun ini kami benar-benar melihat penjualan dari China. Kami menunggu dokumen resmi untuk meresmikan dealer baru," jelas Mirko yang dilansir Bloomberg kemarin (27/5/2013).

Pemerintah China sebenarnya berusaha membuat peraturan baru untuk menekan pemborosan yang dilakukan warganya. Caranya, dengan membebani pajak 20 persen pada mobil-mobil mewah yang dibanderol di atas 1,7 juta yuan (Rp 2,71 miliar). Tentang hal ini, Mirko mengatakan, pasti akan berpengaruh pada penjualan McLaren di China namun hanya sementara.

"Kami masih harus melihat peraturan itu diterapkan. Setelah itu baru menentukan langkah selanjutnya. Tidak ada pengaruhnya untuk jangka panjang," tutup Mirko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com