Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Taksi Sedan Subkompak!

Kompas.com - 28/05/2013, 08:18 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Permintaan perusahaan taksi di Indonesia terhadap sedan cukup tinggi. Di lain hal, karena sedan diimpor secara utuh (CBU), ATPM kewalahan memenuhi permintaan tersebut. Toyota yang selama menjadi pemasok utama dengan sedan Limo (nama lain dari Vios), mengaku kewalahan memenuhi permintaan perusahaan taksi.

Terakhir, dikabarkan, mempersiapkan Etios sedan untuk memenuhi permintaan tersebut. Bahkan, siap merakitnya di Indonesia. Selain Toyota, merek lain yang memanfaatkan pasar taksi reguler adalah Nissan, Chevrolet, Kia bahkan Geely.


Mitsubsihi Indonesia, melalui Distributornya PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) juga ingin memanfaatkan peluang tersebut. Apalagi, Mitsubishi Thailand akan meluncurkan sedan mini Attrage – saudara Mirage - yang dirakit di Thailand.


Dengan menggunakan sedan mini atau subkompak bermesin 1.200 cc ini, ATPM seperti PT Toyota Astra Motor yakin, perusahaan taksi tertarik menggunakannya. Pasalnya, konsumsi bahan bakar jadi lebih irit dibandingkan mesin 1.500 cc yang selama ini digunakan oleh Limo (Vios).

Hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan taksi. Di lain hal, Toyota juga keberatan All-New Vios yang tampil semakin mentereng dijadikan taksi dan langsung menyiapkan penggantinya Etios.

Rencana penggunaan sedan mini untuk taksi, menarik perhatian seorang desainer (mobil) muda Indonesia, Iswahyudi Hanafiah yang mengaku sebagai Digital Modificator. Ia pun mengirimkan Toyota Etios dan Mitsubishi Attrage berbaju Blue Bird kepada redaksi KompasOtomotif plus Etios sedan yang dimodififkasi menjadi TRD Sportivo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com