Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan GT-R R35 Jelmaan GT3 Jepang

Kompas.com - 27/05/2013, 18:23 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Keinginan yang sangat besar membalap dengan sportcar, membuat Hendy harus merombak sosok Nissan GT-R R35 keluaran 2010 miliknya. Dengan dukungan penuh dari kedua orang tua, mahasiswa Universitas Paramadina ini akhirnya bisa punya mobil balap, seperti GT3 Jepang. Sang ayah, Sonny Wicaksono, langsung bertindak sebagai "arsitek" modifikasi. 

"Kalau mau tahu spesifikasi lengkap, tanya sama ayah saja. Beliau yang tahu semuanya. Tugas saya, mengemudi dan memberikan masukan agar mobil bias dikebut lebih cepat lagi," beber Hendy.

Sang ayah, mantan pebalap sirkuit Ancol ini pun berrcerita dengan tentang perubahan yang dilakukan pada mobil anaknya. Untuk pemasangan dan setelan,dipercayakan kepada Bengkel AFJ di Duren Sawit, Jakarta.

Bodi 
Bagian tertentu dari bodi dipasangi komponen aerokit dari Nismo, yaitu sirip bemper depan, spoiler bemper depan dan belakang difuser dan dan sayap besar. Namun beberapa panel bodi, seperti spakbor depan dan belakang, pintu kanan dan kiri, kap mesin dan bagasi diganti dengan serat karbon agar lebih ringan dan aman. Kaca samping juga diganti dengan akrilik. Semuanya, sama dengan yang digunakan GT-R R35 Nismo GT3.

Kokpit dirombak. Kelengkapan yang tidak diperlukan dicopot. Antara lain, jok penumpang, trim, konsol hingga karpet. Setelah bersih, roll bar Cusco dipasang agar bisa mengikuti balap. 

Mesin
Kendati demikian, jeroan mesin masih standar. "Kita hanya mengganti intercooler, menambahkan pendingin oli dan DCT cooler. Setelah itu ditambahkan piggyback HKS FCon. Tenaga 600 PS sudahmumpuni untuk balap di sini," beber Sonny.

Untuk memindahkan tenaga, tetap mengandalkan bawaan pabrik. Hanya kopling yang diganti dengan produk Nismo yang bisa memindahkan tenaga sampai 1.000 PS.

Kaki
Agar stabil ketika membelok pada kecepatan tinggi, kaki-kaki, komponen kaki-kaki seperti stabilizer, bushing diganti dengan HKS.Namun untuk sokbreker dipilih M1 dan komponen rem seperti cakram, kaliper dan kampas pakai HKS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com