Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
BMW Gran Lusso Coupe

Sedan BMW dengan Aliran Darah Italia

Kompas.com - 27/05/2013, 15:48 WIB

Cernobbio, KompasOtomotif – Dalam dunia otomotif, desain Pininfarina dikenal berkarakter dan berhasil menancapkan ikon Italia dengan karya spektakuler. Bagaimana jika DNA khas negeri pisa dari rumah desian legendaris itu dialirkan pada darah perusahaan mobil Jerman?

BMW Grand Lusso Coupe jawabannya. Mobil konsep ini telah dipertunjukkan pertama kali pada Concorso d’Eleganza Villa d’Este, semacam pameran dan kontes kendaran bersejarah yang diselenggarakan di Grand Hotel Villa d’Este, Cernobbio, Provinsi Como, Lombardy, Italia, 24-26 Mei.

Paling mencolok dari tampangnya, desain lampu utamanya mengaplikasi  konsep BMW M1. Kidney grille khas BMW ditarik lebih lebar untuk mendapat kesan mewah dan moncong lebih panjang.

Rancangan bodi diambil dari BMW Seri-6, tapi ditarik lebih lebar. Aliran garisnya sangat landai, membuat mobil ini sekilas cukup pendek. Nah, sesampainya di belakang, sentuhan khas Pininfarina sangat terasa dengan desain ultra-slim dan lampu minimalis.

Kabinnya mirip Seri-7, tapi dibedakan dengan sentuhan ekslusif, misalnya dashboard dan beberapa sudut interior dilapisi kayu kauri asal Selandia Baru, diklaim usia kayunya mencapai 48.000 tahun.

Tidak ada detail soal mesin yang dirilis BMW atau pun Pininfarina, tetapi BMW mengisyaratkan konfigurasi  V12 6.000cc, dengan tenaga 544 PS yang hampir setara Seri-7. Belum ada rencana produksi, yang jelas konsep ini bisa dikatakan sebagai masterpiece yang menambah portofolio Pininfarina sebagai rumah desain kelas wahid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com