Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda New Super Cub, Bebek Klasik Sesungguhnya

Kompas.com - 27/05/2013, 14:10 WIB

Bangkok, KompasOtomotif – Terobsesi kesuksesan Super Cub, bebek ber-cc kecil yang mulai dikembangkan sejak 1958, Honda Thailand segera meluncurkan New Super Cub untuk kembali membangkitkan sejarah sepeda motor klasik yang sesungguhnya. Ada dua varian bermodel jadul dengan pilihan warna krem-putih dan biru muda-putih.

Karena ini di zaman modern, muka lama dibekali teknologi baru, PGM-FI 110cc empat langkah dengan transmisi empat percepatan. Mesin ini menjanjikan efisiensi bahan bakar dan daya tahan lebih baik. Kelengkapan berkendaranya juga lengkap dan diklaim nyaman seperti bebek-bebek lainnya yang bermuka modern.

Honda Thailand mengklaim konsumsi bahan bakarnya mencapai 57km/ liter, berdasarkan metode pengetesan ECE R40 yang dilakukan dalam sebuah simulasi berstandar internasional. Juga diklaim sangat ramah lingkungan dengan emisi gas buang yang mencapai standar EURO6!

”Super Cub ditemukan di Jepang pertama kali oleh Soichiro Honda 55 tahun silam. Tampang klasiknya abadi dan sampai saat ini masih tampak enak dilihat. Ukurannya kompak, ringan, gampang dioperasikan, dan terkenal kuat. Seri ini sudah digunakan oleh pecintanya di 160 negara, dan sudah terjual lebih dari 60 juta unit,” ujar Chiaki Kato, Presiden AP Honda Co Ltd.

Aliran modelnya diambil dari paduan beberapa Honda bebek lawas yang sudah didesain ulang. Lampu utamanya lebih besar dan lampu belakang lebih simpel. Kalau di Indonesia, sekilas mirip tampang Honda Astrea Grand atau juga Astrea Impressa yang  mulai berkeliaran di era 1990-an dengan lampu depan kotak didampingi lampu sein di kanan-kiri yang menempel pada bodi.

Ciri khas klasik yang juga kental terasa adalah tameng angin plastik warna putih, desain sokbreker belakang, hingga tempat menjepit barang warna krom di atas spakbor depan.  Model ini tersedia di Thailand mulai Selasa (28 Mei) dengan harga mulai 42.000 Baht, atau setara Rp 13,7 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com