Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peugeot Tutup Pusat Riset di Paris

Kompas.com - 27/05/2013, 09:47 WIB

Paris, KompasOtomotif - PSA Peugeot-CItroen memastikan akan menutup pusat penelitian dan pengembangan (R&D) untuk mengurangi biaya pengeluaran akibat krisis Eropa. Meski demikian, tidak melakukan PHK terhadap divisi yang berada dekat Meudon-la-Foret, Paris, Perancis.

Selain riset, fasilitas Meudon juga menjadi tempat pengembangan SDM dan menjaga kualitas produksi. Semua pegawai dari tempat ini akan dialihkan ke fasilitas serupa di Velizy. Sebagian lagi ditawarkan untuk pekerjaan di pabrik perakitan, Poissy, di barat Paris. 

PSA berencana menjual  Meundeon dengan harga 200 juta euro (Rp 2,52 triliun) untuk merampingkan aset perusahaan sejak tahun lalu yang mencapai 2 miliar euro (Rp 25,26 triliun).

Peugeot-Citroen memutuskan akan mengurang 17 persen tenaga kerjanya sampai 2014. Sebelumnya, telah disepakati dengan serikat pekerja untuk menutup pabrik perakitan di Aulnay tahun depan dengan merumahkan 2.500 pekerja.

Penghematan terus dilakukan karena PSA terus mengalami kerugian sampai 576 juta dolar pada tahun lalu. Bahkan, pada kuartal pertama tahun ini keuntungan perusahaan  turun 6,5 persen, tinggal 13 miliar euro.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com