Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Indonesia Series of Motorsport Seri ke-2

Sunny TS Juara Kelas Utama

Kompas.com - 27/05/2013, 06:48 WIB

Bogor, KompasOtomotif - Sunny TS dari Bintang Sobo yang menggeber Honda Jazz memenangkan kelas utama, Indonesian Super Production pada balapan seri ke-2 Indonesia Series of Motorsport (ISOM) di Sirkuit Sentul, Bogor Jawa Barat, Minggu (26/5). Start  terdepan, posisinya sempat diambil Fitra Eri dari HBC Oto di tikungan pertama. Namun Sunny berhasil merebut kembali saat memasuki tikungan ketiga dan memimpin hingga finish sampai 18 lap berikutnya. Posisi kedua direbut oleh Rio SB dari Honda Racing dan ketiga Haridarma Manoppo.

"Sempat kaget juga ketika Fitra sudah di samping. Saya berpikir melakukan kesalahan start seperti di Honda Jazz Speed Challenge pagi tadi. Saya berusaha tetap menempel dan akhirnya Fitra melakukan kesalahan dan saya langsung memanfaatkan momen tersebut. Setelah itu saya coba lepas dari pebalap di belakang," beber Sunny usai balap.

Kejadian pada lap pertama membuat pimpinan lomba curiga dan memanggil Fitra untuk memberikan penjelasan. "Ditanya, apa yang menyebabkan saya keluar dari tikungan ketiga dan melorot ke posisi 8. Penyebabnya murni kesalahan mobil yang tiba-tiba tidak bisa direm dengan baik dan bukan disenggol pebalap lain," jelas Fitra.

Sportcar
Kelas lain yang sempat menarik perhatian penonton adalah Super Car! Peserta bebas menggunakan merek, kelas dan memodifikasi mobil. Pemilik Ferrari California, Nissan GT-R R35, Mitsubishi Lancer Evolution dan Honda Integra bermunculan. Kendati demikian pebalap yang ikut serta kebanyakan muka-muka baru. Hanya Renaldi Hutasoit, senior yang menggeber California. 

"Persaingan di kelas ini makin seru dengan ikut beberapa sportcar. Sayang, saya tidak bisa tampil maksimal karena  sensor ABS dan gerak semua roda (AWD) bermasalah. Hanya finis ketiga," jelas Hendy yang menggunakan GT-R R35. Padahal perseteruan pebalap 3 terdepan, S. Simbolon (GT-R R35), Renaldi Hutasoit (California) dan Hendy (GT-R R35) termasuk seru karena saling berdekatan. Aksi susul menyusulsempat terjadi, akhirnya dimenangi oleh S Simbolon disusul Renaldi dan Hendy.

Kelas Baru
Brio One Make Race (BOMR) yang digelar PT Honda Prospect Motor di event ini, pesertanya masih minim. Hanya diikuti 5 pebalap. "Beberapa sudah mendaftar namun mobil belum siap," terang Alvin Bahar, panitia pelaksana BOMR. Meski minim, namun aksi kelima pebalap tersebut terbilang seru karena relatif baru mencicipi trek. Aksi susul menyusul pun kerap terjadi seperti pebalap profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com