Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Siapkan Dua Penantang Lagi

Kompas.com - 24/05/2013, 11:14 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Sukses dengan Ertiga yang menggerogoti duet Avanza dan Xenia menikmati manisnya pasar MPV bawah di Indonesia, Suzuki bertekad akan menyiapkan penantang baru lagi untuk segmen yang juga laris, SUV murah dan LCGC.

Hal tersebut terungkap dari sumber internal PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada KompasOtomotif minggu lalu. Dikatakan, Suzuki kini sedang mempersiapkan lahan baru di Karawang untuk mendirikan pabrik baru agar produksi bisa ditingkatkan dan juga untuk model-model terbaru.

Sementara Ertiga, kini dijual bersama Mazda, kewalahan menerima permintaan yang cukup tinggi. Bahkan, terakhir pabrik sepeda motor Suzuki dikabarkan harus diberdayakan untuk merakit Ertiga. Di lain hal, Suzuki juga menghadapi masalah tak kalah memusingkan, pemogokan karyawan pabrik yang minta kenaikkan gaji.

Meningkat

Keberhasilan Ertiga tidak hanya meningkatkan kepercayaan prinsipal Suzuki di Jepang, juga jajaran manajemen SIS dan  jaringannya (dealer). Animo konsumen Indonesia sangat tinggi terhadap MPV gerak roda depan ini. Bahkan kini sudah ditambahkan dengan varian terbaru, transmisi otomotif yang ditawarkan untuk keluarga di kota-kota besar. Berbagai cerita positif tentang keunggulan Ertiga dibandingkan dengan Avanza-Xenia pun bermunculan.

Dilain hal, kalau sebelumnya Avanza-Xenia tenang-tenang menikmati laris-manisnya MPV bawah,  kini terusik dengan sepak terjang Ertiga yang bisa menyusul Xenia dengan dua pilihan msin 1.0 dan 1,3 liter.

Bukti kekhawatiran Toyota-Daihatsu terhadap sodokan Ertiga, minggu lalu diluncurkan versi yang dilengkapi dengan dua kantung udara (air bag) dan meng-upgrade jok dan akustik interior. Sementara, Ertiga sudah sejak lahir menawarkan perlengkapan keselamatan tersebut, termasuk palang harisontal di pintu. Bahkan, untuk varian tertinggi, juga dilengkapi dengan ABS + EBD. Pada duet Avaza-Xenia, ABS hanya disediakan untuk Veloz bermesin 1.5000 cc, sekarang dijual dengan harga  Rp 180,5 juta (manual) dan Rp 190 juta untuk otomatik. Sedang Ertiga paling mahal dan mewah Rp185,8 juta.

Suzuki kini berada pada tingkat percaya diri yang sangat tinggi dengan Ertiga bermesin 1,4 liter, sistem gerakan roda depan. MPV ini menghasilkan torsi lebih besar dan putaran lebih rendah 130 Nm @4.400 rpm (Xenia dan Avanza 1,3 liter hanya 116 Nm @ 4.400) atau sedikit dibawah Avanza Veloz bermesin 1,5 liter, 136 Nm @ 4.400 rpm.

Kemungkinan Ertiga mengalahkan Avanza memang susah, karena ada faktor lain, yaitu “image” (gengsi), juga jaringan, kualitas layanan. Sedangkan untuk harga bekas, Suzuki akan bisa menyaingi.

XA Alpha
Suzuki –untuk sementara waktu - tidak akan mengumumkan secara resmi9 untuk model-model yang akan dipasarkan  untuk menantang Toyota-Daihatsu. Namun untuk SUV, yang diandalkan - kemungkinan besar - adalah merealisasi konsep XA Alpha yang dipamerkan di  New Delhi pada awal tahun lalu.

Menurut beberapa media India, konsep ini akan mejadi crossover, menggantikan SX4. Dikabarkan, Maruti-Suzuki akan memproduksinya pada 2015 dan dibanderol di bawah satu juta rupee atau di bawah Rp 175 juta.

Pada saat itu, Toyota Rush dan Daihatsu Terios tidak hanya akan menghadapi crossover Suzuki, juga Ford Ecosport yang akan diperkenalkan di Indonesia September mendatang!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com