Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ironis, Hanya 2 dari 13 SUV Lulus Tes Tabrak!

Kompas.com - 22/05/2013, 18:10 WIB

Arlington, KompasOtomotif – Hanya dua dari 13 SUV kompak dan medium memeroleh nilai bagus dalam tes tabrak Insurance Institure for Highway Safety (IIHS), minggu lalu. Subaru Forester 2014 mendapat predikat ”bagus”, sementara Mitsubishi Outlander Sport 2013 berpredikat ”diterima”. Ironisnya, beberapa merek laris seperti Ford Escape, Honda CR-V, dan Jeep Wrangler dinilai ”buruk”.

Di berbagai belahan dunia, terutama AS, SUV kompak dan medium tumbuh pesat. Penjualan naik hingga 50 persen terhitung sejak 2005 hingga tahun lalu di Negeri Paman Sam dengan konsumen lebih dari 2,5 juta unit, data dari Ward's AutoInfoBank.

”Forester dengan struktur baru yang direkayasa para insinyur Subaru sangat bagus dalam tes kami, dan mereka sukses. Hasil ini persis seperti apa yang kami harapkan kepada produsen mobil untuk memberikan respons dan memperbaiki tingkat perlindungan,” urai Joe Nolan, Vice President IIHS.

Tes tabrak dilakukan lebih detail, fokus pada seperempat bagian depan mobil yang sejajar dengan pengemudi. Menurut IIHS, kecelakaan yang menghantam bagian itu lebih banyak mencederai penumpang. Jadi, meski nilai bagus pada tumbukan penuh dari depan, belum tentu bagus ketika hantaman datang ke seperempat bodi depan.

Mobil dibenturkan ke tembok setinggi 1,5 meter dengan kecepatan 60 kpj. Efeknya akan tampak pada dummy, apakah penumpang cedera di bagian kepala, leher, dagu, atau bagian tubuh lain. Fungsi sabuk pengaman dan kantung udara juga dilihat.
 
Seharusnya, tes tabrak melibatkan 14 SUV, tapi Toyota meminta waktu untuk melakukan perbaikan struktur pada Toyota RAV-4. Berikut hasil tes tabrak SUV yang dirilis IIHS:

Mobil

Hasil Tes

Subaru Forester

Bagus

Mitsubishi OutlanderSport

Diterima

Honda CR-V

Rata-Rata

BMW X1

Rata-Rata

Nissan Rogue

Rata-Rata

Mazda CX-5

Rata-Rata

Volkswagen Tiguan

Rata-Rata

Jeep Wrangler

Rata-Rata

Ford Escape

Buruk

Jeep Patriot

Buruk

Buick Encore

Buruk

KIA Sportage

Buruk

Hyundai Tucson

Buruk

Toyota RAV-4

-

*Toyota RAV-4 ditunda, karena Toyota meminta waktu untuk memperbaiki struktur

* Semua SUV yang dites model 2012 dan 2013, kecuali Forester model 2014. IIHS menyatakan valid, karena tidak ada perubahan berarti pada model 2012 dan 2013.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com