Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz ML250 CDI Dibanderol Rp 949 juta

Kompas.com - 22/05/2013, 16:22 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Mercedes-Benz hari ini (22/05/2013) meluncurkan SUV pertama bermesin diesel di Indonesia, yaitu ML 250 CDI yang dibanderol Rp 949 juta (off-road, Jakarta). Peluncuran disertai dengan kesepakatan kerja sama (Memorandum of Understanding) dengan PT Pertamina (Persero) bahwa mobil ini hanya direkomendasikan menggunakan Pertamina Dex.

Sementara itu, Stephan Moebius, Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) mengatakan, ML250 CDI harus menggunakan bahan bakar diesel dengan nilai “cetan” paling rendah 48 dan kandungan sulfur maksimum 500 ppm.

Pertamina
Sementara itu, Pertamina mengaku, bahan bakar diesel yang dijualnya, Dex, nilai “centan”-nya 53 dengan kandungan sulfur 300 ppm. Kualitasnya terbaik dari bahan bakar diesel lainnya yang dijual di Indonesia. Karena itulah, Mercedes-Benz menganjurkan SUV ini hanya dibolehkan menggunakan bahan bakar diesel dari Pertamina. 
 
Suhartoko, Senior Vice Presdent Fuel Marketing & Distribution PT Pertamina (Persero), mengaku bangga bekerjasama dengan Mercedes-Benz. "Kita tahu, Mercedes-Benz punya reputasi dunia yang hebat di bidang otomotif, termasuk kualitas produknya. Kini, untuk mobil diesel yang dipasarkan di Indonesia, bahan bakar dipercayakan kepada Pertamina," komentar Suhartoko. 

Sebenarnya, ini bukan pertama kali Pertamina memasarkan Dex bekerja sama dengan produsen atau ATPM mobil. Sebelumnya, melakukan hal yang sama dengan BMW yang memasarkan sedan dan SUV bermesin diesel.
 
Di lain hal, Dr Claus Weidner, President dan CEO MBI Indonesia dalam menanggapi pertanyaan KompasOtomotif, mengapa baru sekarang memasarkan mobil bermesin diesel, menjawab, "Sekarang merupakan waktu yang tepat. Kami sudah melakukan penelitian selama beberapa tahun tentang kualitas bahan bakar diesel yang ada di Indonesia di laboratorium Mercedes-Benz, Jerman. Akhirnya, yang direkomendasikan adalah diesel produk Pertamina,  . 

Sementara  itu Pertamina  juga mengaku, jumlah SPBU yang melayani penjualan Pertamina Dex kini terus bertambah. "Saat ini, Pertamina Dex bisa dibeli  di 220 SPBU dengan mengunakan dispenser dan pada 800 SPBU dalam kemasan di Jawa, Sumatera, Bali dan Kalimantan.

Kompetitif
Khusus untuk ML 250 CDI, menurut Dr Claus Weidner dan Stephan Moebius, nilai tambah utama yang ditawarkan adalah harga yang kompetitif. “Namun tetap kami menyediakan berbagai kelengkapan keselamatan dan kenyaman yang banyak. Termasuk Active Parking Assist,” jelas Stephan. Ditambahkan, ML 350 CDI selain bisa digunakan di dalam kota, juga tangguh di off-road.


ML250 CDI  yang diluncurkan ini menggunakan mesin turbo diesel 4 silinder, berkapasitas 2.143 cc, yang menghasilkan tenga 204 PS dan torsi 500 Nm. Kendati harganya kompetitif, namun Stephan tidak mau menjelaskan target penjualan SUV ini. “Kita tidak buattarget. Selama ada permintaan, kita jual,” jelasnya. Hanya ditambahkan, penjualan SUV di pasar global, termasuk Indonesia cenderung meningkat.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com