Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asuransi Astra Raup Laba Rp 753,8 Miliar

Kompas.com - 22/05/2013, 13:39 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — PT Asuransi Astra Buana (AAB) berhasil mencatatkan laba bersih Rp 753,8 miliar di 2012, naik 6,1 persen dari 2011 pada angka Rp 710,4 miliar. Premi bruto perusahaan juga naik 14,1 persen menjadi Rp 3,1 tirliun dari Rp 2,7 triliun.

Hendry Yoga, Direktur AAB, mengatakan, pencapaian positif ini diakui sebagai prestasi mengingat kondisi pasar mobil yang sedikit kaget gara-gara kebijakan menaikkan uang pangkal kredit kendaraan bermotor, baik dari perbankan maupun lembaga pembiayaan.

Tahun lalu, jumlah kendaraan bermotor melalui Garda Oto mencapai Rp 1,899 triliun naik dari sebelumnya Rp 1,821 triliun. "Total konsumen kami dari kendaraan bermotor mencapai 5 juta orang," komentar Hendry di Jakarta Selatan, hari ini (22/5/2013). Dijelaskan, konsumen terbanyak berasal dari pengguna sepeda motor, disusul mobil, baru kemudian konsumen perusahaan.

"Kalau dari segi jumlah pasti, saya tidak bisa bicarakan. Yang pasti sepeda motor mencapai jutaan unit, mobil ratusan ribu, dan perusahaan ribuan saja," beber Hendry. Tahun ini, AAB berharap keputusan pemerintah menaikkan harga BBM tidak terlalu menekan pasar kendaraan bermotor. "Memang pasti akan ada pengaruhnya, tetapi tidak akan lama, hanya sekitar 3 bulan," tutup Hendry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com