Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Civic Habiskan Biaya Rp 675 juta!

Kompas.com - 22/05/2013, 07:18 WIB

Surabaya, KompasOtomotif – Penampilannya mengingatkan kita pada mobil-mobil yang dipakai ngebut di film Fast and Furious. Gaya balap jalanan kental sekali: tongkrongan ceper, desain body kit galak, grafis atraktif, plus neon di kolong yang serasi dengan warna mobil, merah. Dari kejauhan suaranya juga khas, kencang tapi empuk.

Tapi siapa sangka, mobil yang meraih penghargaan ”King of Street Racing” - di ajang Accelera Auto Contest  bulan lalu di Surabaya - adalah ide anak SMP. Dia adalah Kelvin Cahyanto Soetektjo (15), siswa kelas 3 SMP Margie Surabaya, sejak kecil bercita-cita punya mobil bergaya balap. 

”Aku suka nonton film-film balapan mobil. Main game (balap) juga hobi. Sempat ikut balapan drag juga sih. Bosan dengan sepeda motor, pindah ke mobil. Sekarang modifikasi mobil saja sambil koleksi sepeda motor sport besar seperti Yamaha R6 dan Kawasaki Ninja 250 injeksi,” jelasnya. 

Empat Bengkel
Demi ambisi itu, Kelvin merombak Honda Civic lansiran 2011 dengan bantuan 5 rumah modifikasi, 4 di Surabaya, 1 Singapura. Kelimanya adalah MF’SpeedWorks di Raya Dukuh Kupang Barat 15, Surabaya Barat,  Zoom di Surabaya Timur, Orchestra di HR. Muhammad 75, Surabaya Barat, Esprit di Nginden Intan Selatan A1-2, Surabaya Timur, dan Garage-R di 422 Tagore Industrial Avenue, Singapura.

Pengerjaan bodi dipercayakan kepada Zoom Bodywork dan audio di Orchestra. Sisanya, setelan mesin hingga pemasangan beberapa komponen. ”Di Singapura cuma menyetel F-Con turbo. Komponennya aku kirim ke sana. Di Indonesia bisa saja, cuma tidak dijamin 100 persen,” jelas Kelvin.

Kelvin menamai mobilnya dengan Honda Civic RZ. Alasannya, bagian depan diubah sehingga mirip Honda CR-Z Hybrid. Untuk menambah kesan balap jalanan, berbagai peranti dipasang, mulai dari bodi karbon, pelek model balap, lampu HID, spoiler belakang dan pintu gunting.

112 Item
Interior berubah total. Terdapat tabung NOS yang diletakkan ruang jok belakang yang dienyahkan. Kabin kental dengan nuansa balap, antara lain jok balap, stiker karbon kevlar menutupi dasbor, besi pelindung (roll-cage) dan berbagai indikator mesin. 

Mesin dirombak total agar tenaganya makin besar. Pemasangan lampu di ruang mesin menambah kesan galak. Audio bagian paling akhir yang dirombak, menggunakan merek Cello. 

Terhitung 112 item yang dirombak dengan biaya Rp 675 juta. Sosok terakhir merupakan operasi wajah yang keempat! 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com