Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota #1 untuk Merek Paling Berharga

Kompas.com - 21/05/2013, 08:57 WIB

New York, KompasOtomotif — Toyota menggeser BMW di posisi puncak sebagai merek mobil paling berharga di dunia berdasarkan hasil penelitian "BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands" dari Konsultan Global Millward Brown yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS), yang dirilis hari ini (21/5/2013).

Nilai produsen mobil terbesar Jepang naik dua digit dibandingkan tahun lalu, hasil dari pulihnya permintaan di China dan AS. Merek lain yang naik adalah Mercedes-Benz, Audi, dan Hyundai.

Hibrida
Nilai Toyota naik 12 persen menjadi 24,5 miliar dollar AS karena berhasil menjual mobil hibrida. "Toyota melesat sangat tinggi berkat banyak pilihan untuk hibrida. Cocok dengan kebutuhan konsumen yang menginginkan mobil yang irit bahan bakar," ungkap Peter Walshe, Direktur Divisi Merek Global Millward Brown yang dilansir Autonews Europe, hari ini.

Dijelaskan pula, mobil hibrida berhasil memperkuat citra merek, membuatnya lebih spesial dan berbeda dibanding produsen lain. Setelah Prius, Toyota model hibrida, yaitu Yaris di Perancis, dan Auris di Inggris.

BMW tergeser ke peringkat kedua dengan turun 2 persen menjadi 24 miliar dollar AS pada tahun lalu karena tidak banyak meluncurkan model baru. "Penjualan meningkat kalau banyak meluncurkan model baru. Namun, BMW tetap masih kuat," lanjut Peter.

Di antara merek premium Jerman, nilai Mercedes-Benz naik 11 persen menjadi 18 miliar dollar AS dan Audi tumbuh 18 persen menjadi 5,5 miliar dollar AS berkat penjualan di AS dan China. Orang kaya baru yang banyak di China membuat kedua merek tersebut makin banyak digemari, termasuk BMW.

Hasil penelitian juga menyimpulkan, agar merek bisa bertahan di benak konsumen, produsen wajib menambah kelengkapan canggih pada segmen menengah.

"Merek harus terus menciptakan ekspektasi lebih, termasuk kualitas, fitur mewah, dan harga yang kompetitif," beber Peter.

Terbaik
Sepanjang tahun ini, merek terbaik dari semua industri adalah Apple dengan nilai 185,1 miliar dollar AS, naik dari tahun lalu hanya 182,9 miliar dollar AS. Ini adalah kali ketiga Apple berturut-turut berada di peringkat puncak. Google berada di posisi kedua dengan nilai merek 113,7 miliar dollar AS, menggeser IBM ke peringkat ketiga 112,5 miliar dollar AS.

Penelitian Millward Brown dilakukan terhadap 1 juta konsumen di seluruh dunia, dihitung berdasarkan analisis finansial dan performa bisnis tiap-tiap perusahaan.

Merek mobil paling berharga

Peringkat
Merek
2013*
Pertumbuhan
1
Toyota
$24.50
12
2
BMW
$24.00
-2
3
Mercedes
$18.00
11
4
Honda
$12.40
-2
5
Nissan
$10.20
3
6
VW
$8.80
3
7
Ford
$7.60
8
8
Audi
$5.50
18
9
Hyundai
$4.00
11
10
Lexus
$3.50
2

(*) Nilai dalam miliar dollar AS
Sumber: Millward Brown
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com