Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mio Tembus 7 Juta Unit Ultah Ke-10

Kompas.com - 21/05/2013, 06:35 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Yamaha Indonesia boleh bangga dengan Mio karena prestasi skutik entry level ini yang berhasil menembus penjualan 7 juta unit sejak dipasarkan pertama kali, 2003 silam. Dyonisius Beti, Wakil Presiden Direktur Eksekutif PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, Mio pertama kali diposisikan sebagai sepeda motor untuk wanita dengan desain kompak dan bobot yang ringan. "Momentumnya sangat pas, banyak pemimpin wanita yang tampil kala itu mulai dari CEO sampai kita punya presiden wanita juga. Wanita jadi mau lebih tampil," jelas Dyon di Kemang, Jakarta Selatan (20/5).

Yamaha Indonesia mengaku, pada tahun perdananya, Mio cuma terjual 2.972 unit, tetapi setahun kemudian melejit sampai 46.045 unit. Setiap tahun penjualan semakin bertambah sampai menembus 1 juta unit pada 2009. Sepanjang tahun lalu, Mio J terjual 605.833 unit, menjadi model terlaris Yamaha. Sepanjang Januari-April 2013, total penjualan mencapai 161.866 unit. Jika dijumlah sampai April 2013, maka Mio sudah berhasil mencatatkan penjualan 7 juta unit lebih, klaim Yamaha.

"Posisi Mio juga kini sudah berubah bukan sekedar model, tetapi jadi sub merek memayungi beragam model yang ada di bawahnya," lanjut Dyon.

Eko Prabowo, GM Pemasaran. Komunikasi dan Pengembangan Komunitas YIMM menambahkan, sukses  Mio tidak lepas  dari perubahan tren sepeda motor di pasar dari jenis bebek ke skutik. ”Mio Fino dan Mio J meluncur tahun lalu, menyusul Mio GT tahun ini yang mendapatkan respon positif dari konsumen,” jelas Eko.

Transformasi

Mio pertama kali diluncurkan 2003 dalam dua varian pelek jari-jari. Generasi kedua Mio Sporty meluncur 2005 dilanjutkan dengan Mio Soul (2007). Selanjutnya Mio Sporty facelift (2012), Soul GT (2012), Mio J injeksi (2012) dan Mio GT (2013). Sayang, Yamaha Indonesia tidak bersedia memberikan data penjualan komplet Mio sepanjang 2003-2013, sehingga angka 7 juta hanya sebatas klaim semata!

"Dari hasil survei kami, rata-rata setiap rumah yang punya sepeda motor pasti salah satu modelnya Mio. Untuk itu perlu dilakukan keberagaman varian supaya konsumen tidak cepat bosan," tutup Dyon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com