Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Genjot Produksi Baterai Lithium-Ion

Kompas.com - 20/05/2013, 09:31 WIB

Tokyo, KompasOtomotif - Toyota Motor Corporation (TMC) akan menaikkan produksi baterai lithium-ion enam kali lipat untuk menopang pertumbuhan penjualan Prius di pasar global. Menurut  Nikkei, kemarin (19/5/2013),saampai saat ini, mayoritas hibrida Toyota masih menggunakan baterai nickel-metal hydride (NiMH) dan segera diganti.

Dengan baterai lithium ion, daya saing mobil hibrida Toyota menjadi makin meningkat karena dimensinya lebih kompak dan juga ringan sehingga bisa meningkat efisiensi bahan bakar sebagai salah satu daya tarik konsumen untuk membeli mobil.

Toyota mengandalkan mitra usahanya, Panasonic Corporation untuk memproduksi baterai lithium dengan kapasitas produksi 200.000 unit per tahun. "Karena permintaan baterai lithium-ion, kerjasama baru akan memproduksi baterai di Omori," jelas juru bicara Toyota yang dilansir Reuters.

Sejak 1997, toyota telah menjual 5 juta mobil mobil hibrida, 70 persen disumbang oleh Prius. Tahun lalu, Toyota berhasil menjual 1,2 juta mobil hibrida, rekor pertama, berhasil menembus penjualan 1 juta unit dalam setahun.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com