Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bridgestone Ecopia vs Eco Kompetitor

Kompas.com - 16/05/2013, 11:30 WIB

Bekasi, KompasOtomotif - Usai meluncurkan produk barunya, Ecopia EP150, Bridgestone langsung menggelar ujicoba di proving ground, Karawang, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa kemarin (14/5).

Para undangan bisa melihat dan merasakan langsung perbedaan ban yang berkontribusi menghemat bahan bakar sekligus dapat menjaga stabilitas mobil saat diajak bermanuver.

Tiga 3 jenis tes yang dilakukan adalah gelinding, manuver dan kinerja rem di lintasan kering dan basah. Karena hujan mengguyur  deras, pengujian di lintasan kering dibatalkan.

Hambatan Gelinding
3 unit Nissan Grand Livina dipakai untuk uji coba. Setiap mobil diisi pengemudi dan seorang penumpang dengan bobot yang sama. Kondisi mobil yang digun akan standar. Sebagai pembanding, Grand Livina lain dipasangi ban Eco lain dari kompetitor dan bukan Eco.

Agar bisa menggelinding dengan baik dengan kecepatan awal sama,  digunakan 3 buah mobil derek. Ketiganya dinaikkan ke mobil derek lebih dulu, kemudian dilepas  secara bersamaan. Mesin dalam kondisi mati dan mobil dibiarkan jalan  hingga berhenti. Hasilnya, Ecopia mampu menempuh 91 m, sedangan Eco kompetitor tipe Eco 65 m dan non Eco 70 m.

Manuver
Mobil yang dipakai masih sama! Ketentuannya, mobil berputar - di lingkaran diameter 50 m - dalam kondisi basah pada kecepatan 50 kpj. KompasOtomotif, mengui Ecopia lebih awal  bersama instruktur. Posisi setir saat tes sekitar 130 derajat dari  awal. Tidak dirasakan adanya pergeseran bodi dan koreksi posisi setir.

Kesempatan kedua non Eco. Putaran setir lebih lebar, yakni   220 derajat. Kondisi setir tetap diam tanpa koreksi dan tidak dirasakan adanya pergeseran tapi terdengar  decitan ban. Terakhir adalah ban Ecodari kompetitor. Banyak koreksi yang harus dilakukan, juga timbul bunyi decitan dan menyebabkan mobil menyerosot (sliding).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com