Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Yakin, Avanza Terus Nomor 1

Kompas.com - 15/05/2013, 18:40 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Indonesia memaklumi semakin banyak merek masuk ke segmen MPV bawah. Namun, tetap optimis, Avanza akan terus memimpin segmen ini dengan menikmati 43,6 persen pasar.

Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, pasar MPV bawah semakin ramai dengan masuknya Suzuki Ertiga, Nissan Evalia, Chevrolet Spin dan Mazda VX-1. Kendati demikian, pertumbuhannya tidak terlalu besar.

Pada tahun lalu, total penjuialan MPV bawah mencapai 388.930 unit. Avanza  memimpin pasar dengan penjualan 169.830 unit. "Saya rasa pertumbuhannya  tidak sampai 10 persen dari tahun lalu. Untuk pangsa, kami coba pertahankannya tetap sama," beber Samulo. Empat bulan pertama (Januari-April) tahun ini, penjualan di segmen ini 143.555 unit. Khusus Avanza, 67.085 unit.

Johnny Darmawan, Presiden Direktur TAM menambahkan, pertumbuhan penjualan tahun ini sangat bergantung pada setiap ATPM,  terutama mereka tambahan kapasitas produksi. Jika mereka menambah produksi, wholesale pasti akan naik. "Tapi,  ritel tetap sama saja seperti tahun lalu," tutup Johnny.

Muri
Toyota Indonesia juga berhasil menyabet delapan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) untuk kesuksesan Avanza. Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Muri, Jaya Suprana kepada Johnny Darmawan di sela perayaan. Kedelapan penghargaan itu adalah, Pencapaian Penjualan 1 Juta Tercepat untuk Semua Kategori Jenis Mobil (diluncurkan 2004 – Maret 2013). Kedua, Penjualan Tertinggi 7 Tahun Berturut–Turut (2006 – 2012) untuk Semua Kategori Jenis Mobil.

Ketiga, Pertumbuhan Penjualan Tertinggi untuk Semua Kategori Jenis Mobil,  Mini MPV dengan Nilai Jual Kembali Tertinggi, Peraih Penghargaan The Best Mini MPV 5 Tahun Berturut - Turut, Jumlah Anggota Komunitas Mobil Terbanyak, Pilihan Terbanyak melalui Sosial Media Terhadap Merk Kendaraan. terakhir Melukis dengan Menggunakan Ban Mobil Di atas Media Seluas 15 meter x 20 meter.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com