Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Mobil Incar Kota Kecil dengan Low MPV

Kompas.com - 15/05/2013, 11:54 WIB

Bandung,KompasOtomotif - Honda mobil Indonesia gencar membangun jaringan pemasaran dan layanan purna jual di kota-kota kecil. "Di luar dugaan, pasar konsumennya ada dengan harga kendaraan di bawah Rp 290 juta," jelas Jonfis Fandy,Direktur Pemasaran & Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) kepada KompasOtomotif, di sela-sela acara Driving Experience New Honda Accord di Bandung (14/5).

Jonfis mengambil contoh Jember, Jawa Timur. Sebelum dibuka dealer dan saat melakukan tes pasar, hanya terjual 3 sampai 5 unit sebulan. "Begitu ada dealer, bisa mencapai 50 unit dalam sebulan dari semua model," ungkapnya. Malah, tidak disangkanya lagi, ada yang membeli sport hibrida CR-Z.

Makanya, pihaknya, kini gencar membangun jaringan pemasaran berikut layanan servis di kota kecil, seperti di Mojokerto. Tahun ini ditargetkan tiga sampai 4 dealer, termasuk Aceh dalam daftar perencanaan tahun ini.

Ketika ditanya soal segmentasi konsumen, Jonfis menyebut angka di bawah Rp290 juta. Dan diakuinya, mobil keluarga tetap paling tinggi peminatnya. Karena itu, Honda pun kini sedang mempersiapkan  low MPV.

Kapannya akan masuk pasar, Jonfis belum menyebut secara pasti. Hanya ia memberi indikasi, "Semua itu tergantung dari pembangunan pabrik. Diperkirakan April kelar dan baru bisa produksi, tapi ada kemungkinan pembangunannya lebih cepat. Berarti, bisa Maret atau Februari," tutup Jonfis.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com