Sabtu, 2 Agustus 2014

Otomotif


Jelang GP Perancis

Akankah Rossi Juara dan Sejarah Berulang?

Rabu, 15 Mei 2013 | 09:49 WIB
|
Share:
Sumber : - | Author : MIGUEL ANGEL MORENATTI/AP

Pebalap Yamaha Factory Racing, Valentino Rossi, berdiskusi dengan tim setelah sesi latihan bebas GP Spanyol di sirkuit Jerez, Sabtu (4/5/2013).

LE MANS, KOMPAS.com - Lima tahun lalu, tepatnya pada 2008, empat seri pertama MotoGP memunculkan juara yang berbeda-beda. Tahun ini, tiga seri sudah berjalan dengan pebalap berbeda keluar sebagai juara. Mungkinkah sejarah akan berulang, dengan hadirnya juara berbeda di GP Perancis akhir pekan ini?

Seri pertama musim ini di Qatar dimenangi rider Yamaha, Jorge Lorenzo. Dua pekan kemudian di Austin, Texas, giliran rookie Honda, Marc Marquez, yang keluar sebagai pemenang.

Pekan pertama bulan Mei, Dani Pedrosa merayakan kemenangan di hadapan pendukungnya di sirkuit Jerez, Spanyol.

Lalu bagaimana dengan seri keempat di Perancis akhir pekan nanti? Berdasarkan hasil balapan tiga seri yang sudah berjalan, selain tiga rider di atas, Valentino Rossi adalah yang paling mungkin finis pertama.

Pada 2008, Rossi juga memenangi seri keempat di China. Tiga seri sebelumnya secara bergiliran dimenangi Casey Stoner (Qatar), Pedrosa (Spanyol), dan Lorenzo (Portugal).

Rossi sudah pernah tiga kali juara di Perancis sejak turun di kelas 500cc, yakni pada 2002, 2005, dan 2008. Tahun lalu, pemegang tujuh gelar juara dunia kelas premier ini, finis di urutan dua di belakang Lorenzo.

 


Editor : Pipit Puspita Rini