Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VX-1, Langkah Awal CKD Mazda Indonesia

Kompas.com - 11/05/2013, 13:07 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Kehadiran VX-1 merupakan langkah baru bagi Mazda Indonesia kembali masuk jalur rakitan lokal (CKD). Tapi, untuk bisa mencapai ke arah itu, menurut Keizo Okue, Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia (MMI) masih perlu perjuangan.

"Tentu saja kami berharap bisa segera merakit lokal (CKD) model-model kami di Indonesia, tetapi bertahap dulu. Skala penjualan Mazda di Indonesia masih sangat kecil, baru 12.000 unit per tahun," komentar Okue di Otobursa, Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, hari ini (11/5/2013).

Untuk membangun pabrik perakitan baru, kata Okue, Mazda perlu mencapai jumlah tertentu agar masuk skala ekonomi. "Kalau melihat merek lain seperti Honda dan Chervrolet harus menjual sekitar 40.000 unit. Kami harus mencapai segitu baru bisa CKD di sini," beber Keizo.

Kerjasama

Menyangkut kerja sama Mazda dan Suzuki di Indonesia, Okue menjelaskan, merupakan bentuk hubungan baik yang sudah terjalin di Jepang. Kedua prinsipal, kerap memesan model secara OEM untuk dijual kembali dengan merek berbeda.

"Meski kami memasarkan VX-1 melalui Suzuki, tetapi segmen dan strategi yang dilakukan Mazda sepenuhnya berbeda. Sesuai dengan target segmen masing-masing," beber Okue. Sampai akhir tahun ini, Mazda menargetkan penjualan bisa mencapai 16.000 unit, naik dari tahun lalu cuma 12.000 unit.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com