Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHM Bangun Pembangkit Listrik Mikrohidro di Lampung

Kompas.com - 11/05/2013, 12:52 WIB

Lampung, KompasOtomotif  – PT Astra Honda Motor (AHM) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 20.000 watt untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung. pembangunan ini hasil kerja sama dengan Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Lampung dan Main Dealer Honda wilayah Lampung PT. Tunas Dwipa Matra.

Dengan memanfaatkan aliran air Sungai Putih, AHM mendirikan 2 unit PLTMH di Pekon Banding Agung dan Pekon Tugu Ratu yang masing-masing berkapasitas 10.000 watt. Dari muara Sungai Putih, turbin akan menggerakkan generator yang b isa menerangkan 150 rumah di dua desa, kecamatan Suoh, kabupaten Lampung Barat, provinsi Lampung.

Head of Corporate Communication AHM Kristanto mengatakan perusahaan berkomitmen untuk dapat terus berkontribusi memajukan taraf hidup masyarakat Indonesia. Pembangunan PLTMH ini merupakan salah satu bentuk implementasi yang juga merupakan tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pemberdayaan masyarakat.

"Wilayah Suoh memiliki potensi hasil pertanian yang baik, seperti kopi, kopra, merica, dan coklat. Dengan adanya PLTMH ini, kami berharap aktivitas perekonomian di Suoh akan semakin produktif. Dalam jangka panjang, kami yakin hal ini juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Suoh dan sekitarnya,” ungkap Kristanto dalam rilis yang diterima KompasOtomotif, semalam (10/5). AHM, lanjutnya, juga memberi bantuan alat pengering hasil pertanian yang digerakkan oleh listrik.

Selanjutnya, AHM berencana melakukan hal yang serupa untuk masyarakat di wilayah Banjar Puakan Kubutambahan, Buleleng, Bali dan Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Pembangunan PLTMH untuk masyarakat Suoh ini merupakan program kedua yang telah dilakukan AHM dalam rangka pemberdayaan kehidupan masyrakakat melalui pembangunan PLTMH. Sebelumnya, AHM telah membangun fasilitas sejenis untuk masyarakat adat Banten Kidul kasepuhan Ciptagelar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Sukamulya, Sukabumi, Jawa Barat.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com