Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Untung Rp 7,7 T!

Kompas.com - 10/05/2013, 07:51 WIB

Tokyo, KompasOtomotif - Suzuki Motor Corporation mengumumkan berhasil mengantongi laba 80,4 miliar yen (Rp 7,7 triliun) sepanjang tahun fiskal 2012 (berakhir Maret 2013) atau naik 49,2 persen berkat  penjualan model-model baru, terutama di India.

Bersama dengan Maruti, Suzuki yang mengandalkan India sebagai "tambang", laba perusahaan ditargetkan naik 12 persen. Perhitungan dilakukan karena nilai tukar yen yang melemah terhadap mata uang di negara-negara yang menjadi basis Suzuki, termasuk indonesia.

Pada tahun lalu, Suzuki berhasil menjual 2,66 juta unit mobil di seluruh dunia, naik 3,9 persen dari tahun sebelumnya. Tahun ini, Suzuki berharap bisa meningkatkan penjualannya 5,4 persen menjadi 2,8 juta unit.

Di lantai bursa, nilai saham per lembar Suzuki juga naik 7 persen sejak Januari 2013. Kendati demikian, nilainya masih kecil dibandingkan dengan merek Jepang lain, seperti Toyota (naik 35 persen) dan Nissan (21 persen). 

Dari bisnis sepeda motor, Suzuki justru  mengalami kebocoran, rugi 11,9 miliar yen (Rp 1,15 triliun). Namun, Osamu Suzuki, Presiden Suzuki tidak mau menyerah dan menargetkan bisa kembali untung dalam dua tahun mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com