Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik GM Indonesia Produksi 40.000 Unit Per Tahun

Kompas.com - 08/05/2013, 16:48 WIB

Bekasi, KompasOtomotif – General Motors Indonesia (GMI) resmi membuka pabrik di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, hari ini (8/5). Prosesi berupa penguntingan pita dilakukan oleh Tim Lee, Vice President Global Manufacturing & President International Operation General Motors (GM) didampingi oleh Dr. Budi Darmadi, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kementerian Perindustrian, Marcos Purty, Presiden Direktur GMI, Martin Apfel, Presiden GM South East Asia serta Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel. Setelah itu, robongan melihat dari dekat fasilitas pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 58.000 meter persegi yang terlatak 16 km dari Jakarta. Rombongan juga menyaksikan peluncuran Chevrolet Spin pertama dari jalur produksi.

Peristiwa penting

Pabrik yang sepenuhnya milik GMI ini mempekerjakan 700 karyawan. Ketika merevitalisasi menghabiskan dana 150 juta dollar AS dengan kapasitas produksi mencapai 40.000 unit pertahun.

“Indonesia merupakan salah satu pasar GM terbesar dan kita berpegang teguh pada filosofi build where we sell and source where we build. Tahun lalu, kami berhasil membukukan pertumbuhan 17 persen di Indonesia dibanding 2011, dan kami akan terus melanjutkan kesuksesan ini,” ujar Tim Lee dalam sambutannya.

Di lain kesempatan, Marcos Purty mengatakan, pembukaan hari ini merupakan peristiwa penting bagi 700 karyawan, 43 pemasok komponen lokal dan 34 dealer Chevrolet di Indonesia. Langkah tersebut merupakan bukti keseriusan untuk mengembangkan bisnis dan menghadirkan produk yang dekat dengan budaya dan karakter bangsa, serta dibuat oleh anak negeri. Seperti Spin yang baru saja diluncurkan bulan lalu.

MPV segmen bawah tersebut pertama kali diperkenalkan pada IIMS September 2012 dan resmi diluncurkan 25 April lalu. Dari target produksi 40.000 unit setahun, 80 persen untuk pasar Indonesia, dan selebihnya diekspor ke Thailand dan Filipina.

Kendaraan global MPV tujuh penumpang tersebut dibangun dengan desain yang modern dan maskulin. Di Indonesia tersedia 3 pilihan mesin 1,2 liter, 1,5 liter dan 1,3 liter turbo diesel. Varian diesel merupakan terobosan baru di segmen MPV bawah. Hal baru lain, pemindah tenaga otomatis 6 percepatan yang dipakai sudah berteknologi tiptronik (sekuensial).

"Dengan berdirinya pabrik ini diharapkan banyak komponen lokal yang digunakan sehingga dapat memacu pertumbuhan produsen komponen pendukung di Tanah Air. Dengan begitu perkembangan bisnis otomatif akan terus berkembang," jelas Budi Darmadi.

Dalam peresmian tersebut, ada sesi seluruh karyawan membubuhkan telapak tangan di atas prasasti, sebagai tanda diresmikannya pabrik. Juga dipamerkan Chevrolet produksi 1928, sebagai bukti bentuk kehadiran GM yang sudah berlangsung sejak lama, lewat GM Java pada 1927.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com