Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW M6 Kupe untuk Peraih Kualifikasi Terbaik MotoGP

Kompas.com - 08/05/2013, 09:44 WIB

Jerez, KompasOtomotif - BMW menyiapkan M6 Coupe bagi pebalap MotoGP yang berhasil mengumpulkan poin kualifikasi terbanyak selama musim kompetisi 2013. Tradisi yang disebut BMW M Award ini sudah berlangsung sejak 2003. Pengumuman dilakukan menjelang GP Spanyol di Jerez, akhir pekan lalu, sekaligus merayakan 15 tahun sebagai "Official Car of MotoGP".

"Semua pebalap MotoGP serius dan antusias meraih penghargaan ini. BMW M selalu memberikan mobil terbaik dan berbeda setiap tahun," ungkap Carmelo Ezpeletam, CEO Dorna Sport, promotor MotoGP.

Setiap pebalap yang berhasil menempati posisi terdepan mendapat poin 25, tempat kedua 20, ketiga 16, dan selanjutnya berkurang 1 poin hingga posisi ke 18. Pemenang adalah pengumpul poin terbanyak di akhir seri.

M6 Coupe yang dijadikan hadiah merupakan varian spesial dan sangat eksklusif. Sedan 4 pintu ini dilabur dengan cat frozen black metallic, pelek ringan palang ganda berdiameter 20 inci dan rem dari karbon keramik.

Di kokpit terdapat jok depan dilengkapi dengan M multifunctional, balutan kulit Sakhir Orange, sistem navigasi, head-up display dan aksen serat karbon di beberapa lokasi.

Untuk mesin tidak dibedakan, tetap mengusung tipe V8, kapasitas 4,4 liter dengan teknologi TwinPower Turbo dengan tenaga 560 PS yang mampu mengenjot mobil 0-100 kpj dalam 4,3 detik.

Tercatat, 4 pebalap yang berhasil meraih penghargaan selama 9 tahun. Valentino Rossi dan Casey Stoner sama-sama memperoleh 3 mobil, Jorge Lorenzo 2 unit dan Nicky Hayden 1 unit.

Siapa yang akan mendapat M6 Coupe tahun ini, harus dtunggu sampai akhir seri MotoGP 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com