Jumat, 25 Juli 2014

Otomotif


PP Mobil Murah Dua Minggu Lagi!

Penulis: Agung Kurniawan | Rabu, 08 Mei 2013 | 07:32 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
Sumber : KompasOtomotif | Author : donny apriliananda

Daihatsu Ayla juga sudah diantre masyarakat Sumatera Utara.

Jakarta, KompasOtomotif — Menteri Perindustrian MS Hidayat sempat mengatakan bahwa peraturan pemerintah (PP) tentang mobil ramah lingkungan—termasuk LCGC—akan keluar dua minggu lagi pada 22 Maret lalu. Kini berselang satu bulan lebih, muncul  berita "agak" melegakan. Setelah redaksional PP itu direvisi, draf PPP sudah disetujui lima menteri terkait.

"Menteri Perindustrian, Riset dan Teknologi, ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), Keuangan, dan Perekonomian sudah paraf. Artinya, semua sudah setuju," ujar sumber internal Kementerian Perindustrian kepada KompasOtomotif, kemarin (7/5/2013).

Dijelaskan, dengan persetujuan kelima menteri terkait yang ikut menyusun regulasi LCGC, saat ini draf sudah berada di Sekretariat Negara untuk ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Tinggal diberi surat pengantar dari Setneg untuk ditandatangani Presiden," lanjut sumber itu.

KompasOtomotif langsung mengecek perkembangan PP ini ke Direktur Jenderal Industri Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi. Budi tidak mengelak tentang perkembangan tersebut. "Saya optimistis Mei ini selesai. Sekarang baru tanggal 7 kan," ungkap Budi.

Pria murah senyum ini mengaku tidak bisa menjelaskan perkembangan PP tersebut. Ia hanya mengatakan, biasanya kalau drafnya sudah di Setneg untuk ditandatangani oleh Presiden, prosesnya bisa lebih cepat dibanding saat masih berada di tingkat kementerian. "Biasanya lebih cepat. Kami sudah menyelesaikan dari aspek teknis dan ekonomis. Selanjutnya, tinggal keputusan beliau (Presiden)," beber Budi.

Prediksi keluarnya regulasi LCGC juga sudah disampaikan Johnny Darmawan, Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), akhir April lalu. "Pentolan" Toyota ini memprediksi produk LCGC, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, baru bisa dipasarkan mulai semester kedua tahun ini.

"Saya rasa baru bisa keluar (PP) akhir Mei ini. Selanjutnya butuh satu sampai dua bulan untuk menyiapkan peraturan turunannya, seperti peraturan menteri dan SK (surat keputusan) dirjen, baru sampai akhirnya berlaku ke produsen," beber Johnny. Sementara itu, sumber internal Daihatsu beberapa hari lalu juga mengatakan, PP mobil murah itu diperkirakan turun sekitar dua minggu lagi!
 


Editor : Zulkifli BJ