Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Vios Baru, Toyota akan Salip Rivalnya

Kompas.com - 07/05/2013, 16:06 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Indonesia lebih serius menggarap pasar sedan sub-kompak dengan mengandalkan All New Vios yang baru diluncurkan di Jakarta Theater, Jakarta Pusat, hari ini (7/5/2013). Toyota berharap penjualannya bisa mencapai target 2.400 unit sampai akhir tahun.

"Karena sudah berjalan empat bulan, target kami tetapkan 300 unit per bulan," komentar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) di sela peluncuran New Vios.

Sepanjang tahun lalu, Vios lama telah terjual 3.122 unit. Sementara pada kuartal pertama tahun ini tercatat 408 unit, jauh di bawah rival utama Honda City yang sudah mencapai 1.168 unit. Nah, dengan tampilan yang mengikuti tren, Toyota siap menyalip rivalnya.

Johnny menambahkan, pangsa pasar sedan terus menurun setiap tahunnya dari 10 persen di era 1990-an sampai tinggal 3 persenan tahun lalu. Namun, dari segi volume penjualan naik terus sehingga masih penting untuk diperhatikan.

"Komitmen Toyota di segmen sedan tercermin dari lahirnya Vios generasi baru ini," tambah Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM.

Taksi

Sama seperti model sebelumnya, New Vios dipastikan juga akan dipasarkan untuk taksi. Namun, tetap ada perbedaan fitur. "Pasti akan disesuaikan kebutuhannya, fitur-fitur akan dikurangi, seperti taksi pada umumnya lah," beber Johnny.

Permintaan taksi untuk Vios, lanjut Johnny, masih menumpuk sampai saat ini, sampai-sampai Toyota Indonesia tidak bisa memenuhi pesanannya. "Sampai sekarang masih 10.000 unit belum dipenuhi karena memang produksi tidak mencukupi," jelas Johnny.

Menurutnya, setidaknya ada empat perushaan taksi terbesar di Indonesia sudah memesan Vios baru. "Satu perusahaan minta 8.000 unit, ada lagi yang minta 5.000 unit. Kami masih kekurangan pasokan sampai saat ini," tutup Johnny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com