Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proton Gen2 dengan R3 Rakitan Lokal

Kompas.com - 06/05/2013, 20:28 WIB

Jakarta, KompasOtomotif -Tidak mudah bagi Maulana untuk memilik modifikasi Proton Gen2 ini sesuai dengan seleranya. Pasalnya, sangat sedikit sekali kit bodi  tersedia di Indonesia untuk meningkatkan penampilan mobil ini. Di lain hal, Maulana juga menginginkan modifikasi yang presisi dengan hasil bagus. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah mencari acuan di dunia maya dan berbagi pengalaman dengan Gen2 Indonesian Car Community (G2ICC). Akhirnya diputuskan menggunakan kit bodi dari Proton Motorsport, Race Rally Research (R3). "Pilihannya banyak! Kalau diikuti tidak pernah puas. Karena itu, referensi dari klub dibutuhkan," jelas Maulana.

Setelah yakin dengan pilihannya, rencana dijalankan. Pertama, mengganti bemper depan asli dengan model balap milik R3 yang terlihat lebih panjang. Bemper ini punya 3 lubang angin di bawahnya dengan ujung kanan-kiri terdapat pula celah udara berbentuk sirip (air scoop).

Agar dari samping kesan sportinya kuat, dipasang pula side skirt dan pelek 16 inchi Zerokit. Di belakang, dipasang pula spoiler di bemper dengan bagian tengah berbentuk difuser. Selanjutnya, untuk memberi meningkatkan gaya sport, ditambahkan sayap, aksesoris standar Gen2.

Mesin, dibuat seolah-olah dimodifikasi, seperti R3 dengan memasang tutup lubang busi dari aluminium dan kabelnya berwarna merah. Tak lupa, dipasang pula strut bar agar ramai dan menjaga stabilitas ketika mobil dikebut. Perubahan lain pada mesin, mengganti saluran buang dengan header.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com