Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Bangun "Proving Ground" di Thailand

Kompas.com - 06/05/2013, 18:07 WIB

Bangkok, KompasOtomotif - Nissan Motor Company berencana membangun pusat pengetesan mobil (proving ground), terintegrasi dengan pabrik kedua di Bang Na-Trat Road, Samut Prakan, Thailand, pertengahan tahun ini. "Proving Ground ini menjadi basis (Nissan) di Asia Tenggara, sekaligus pusat teknisi Nissan Motor," jelas Takayuki Kimura, Presiden Nissan Motor Thailand yang dikutip Bangkok Post, pekan lalu.

Dengan adanya fasilitas tersebut, biaya riset dan pengembangan model baru menjadi lebih ekonomis. "Selama ini model baru selalu dites di Jepang," lanjut Kimura.

Sampai saat ini, Nissan mengandalkan tiga lokasi pengujian, yaitu Tochigi, Kanagawa dan Hokkaido. Berarti, yang di Thailand, pertama di luar Jepang. Tahun lalu, Nissan mengumumkan siap membangun pabrik baru di Thailand dengan dana11 miliar bath (Rp 3,61 triliun) 

Pabrik baru akan beroperasi Agustus 2014 dengan produksi awal 75.000 unit dan kapasitas penuh 150.000 unit per tahun. Saat ini, produksi Nissan di Thailand 220.000 unit  per tahun. Jika pabrik baru berproduksi maksimal, total produksi mencapai 370.000 unit.  Belum termasuk 60.000 unit Navara yang dirakit di pabrik Mitsubishi.

Kimura menargetkan penjualan setengah juta unit  pada tahun fiskal 2016 atau menguasai pangsa sampai 15 persen. Sampai tahun fiskal 2012, penjualan Nissan baru mencapai 260.000 unit di Asia Tenggara atau  menikmati 7,2 persen. Selain Thailand, Nissan juga punya basis produksi di Indonesia, Malaysia, Filipina dan Vietnam.

"Thailand dan Indonesia akan menjadi basis produksi utama di ASEAN, untuk pasar domestik dan ekspor," lanjut Kimura, juga menjabat Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com