Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TVS Apace RTR 180 Mulai Jelajah Saptaranu 8.000 Km

Kompas.com - 05/05/2013, 13:38 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - TVS Motor Company Indonesia melepas tim "Ekspedisi Saptaranu" terdiri dari empat bikers mengendarai TVS Apache RTR 180 menempuh perjalanan 8.000 km ke Sumatera - pulau terbesar ketiga di Indonesia - dalam kurun 50 hari perjalanan. Rombongan dilepas langsung oleh R Anandakrishnan, Presiden Direktur TVS Indonesia di dampingi para direksi di Kantor Pusat TVS Indonesia, Kuningan, Jakarta Selatan, hari ini (5/5/2013).

"Kami sangat bangga RTR Apache bisa menjadi pilihan sepeda motor ini. Kami yakin performanya bisa memenuhi ekpedisi ini," komentar Anandakrishnan.

Riza Amrullah, pemimpin tim ekspedisi mengatakan, kata "Saptaranu" berasal dari kata sapta yang artinya "tujuh" dan ranau (danau). "Dalam perjalanan ini kami akan mengunjungi tujuh danau besar di Pulau Sumatera, bahkan bisa 10 atau 11 danau. Selama ini jika orang tamasya pilihannya cuma dua, pantai dan pegunungan, danau seolah tidak pernah jadi pilihan. Untuk itu, kami menggunakan konsep berkunjung ke danau yang jumlahnya banyak di seluruh Indonesia," beber Riza.

Anggota biker lain yang ikut dalam turing kali ini Andry Berlianto, Yeremia Exlesia Theorandaru, dan Adi Aimaduddin. Ekspedisi ini akan menjadi catatan budaya, pariwisata dan sejarah pusat-pusat tamasya di Pulau Sumatera. "Hasil ekspedisi ini berupa video, tulisan sampai buku pariwisata nantinya," jelas Andry.

Untuk menaklukan perjalanan, tim ekspedisi tidak melakukan modifikasi mesin RTR Apace dan dibiarkan standar. "Modifikasi lebih pada bagian kaki-kaki, penambahan windshield, breket untuk boks samping dan gear set," lanjut Andry.

Dalam perjalana di Sumatera, tim akan singgah ke beberapa dealer TVS untuk istirahat, termasuk pemeriksaan kendaraan antara lain di Padangsidimpuan, Banda Aceh, Palembang dan Bandar Lampung. Tim diprediksi akan kembali ke Jakarta pada 23 Juni 2013.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com