Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 2,26 Triliun untuk Mengenjot Aston Martin

Kompas.com - 03/05/2013, 08:46 WIB

London, KompasOtomotif - Aston Martin memastikan akan lebih kompetitif mulai tahun ini berkat suntikan dana dari mitra usahanya, Investindustrial-ekuitas swasta dari Italia dengan nilai 150 juta pound (Rp 2,26 triliun). Suntikan dana segar ini langsung dimanfaatkan untuk menyokong pengembangan 5 tahun ke depan dengannilai hingga 500 juta pound yang berasal dari investor lain, yaitu Investment Dar dan Adeem Investment.

Investindustrial dinilai sebagai salah satu perusahaan investasi paling berkembang di Eropa dengan aset 2,6 miliar pound. Aston Martin bersyukur, berkat dukungan ini dapat meneruskan ambisi besarnya, menjadi pemain utama mobil premium global.

Investindustrial mengatakan, akan menyiapkan ahli di bidang industri, operasional serta platform global untuk mengenjot nilai kreasi tinggi dan ekspansi internasional. Berkat dana tersebut, Investindustrial juga akan mendapatkan hak 37,5 persen saham kepemilikan Aston Martin.

Kerjasama kedua perusahaan sudah diumumkan sejak Desember tahun lalu. Investindustrial berinvestasi setelah menjual Ducati kepada Audi tahun lalu, 860 juta euro.

Kini, pemegang saham mayoritas Aston Martin masih dikuasai Investment Dar yang membelinya dari Ford pada 2007. Namun karena 2008, pemilik saham mayoritas  tidak punya dana tambahan untuk mendorong bisnis Aston Martin lebih besar. Untuk itulah dicari dana tambahan dari luar.

Tahun lalu, Aston Martin berhasil menjual 3.800 unit dengan mengandalkan Vanquish, Rapide S dan model lain.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com