Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Vios Estilo, Aneh Kan!

Kompas.com - 26/04/2013, 21:32 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Belum pernah kan dengar ada mobil Toyota Vios Estilo! Tampilannya murni Toyota Vios produksi 2005. Lantas, Estilo yang dimaksud Suzuki atau Honda? Dan bagian mananya? Yessar, pemilik mobil, membuka kap mesin dan menyampaikan kalau jeroannya banyak menggunakan Honda Estilo. "Alasannya, beberapa suku cadang memiliki spek sesuai dengan yang diinginkan mekanik. Selain itu, harganya tergolong murah, jadi tidak terlalu merogoh kocek terlalu dalam," papar Yessar. Kebetulan bengkel tempat memodifikasi mesinnya, AP Speed, memang dikenal spesialis Honda.

Jun Auto
Komponen Honda yang tertanam di mesin standar Vios 1NZ-FE, antara lain, piston model meruncing di bagian atasnya, untuk meningkatkan kompresi ruang bakar. Setang tetap milik Vios supaya tidak perlu mengubah kruk as (crankshaft). Komponen lain yaitu katup yang proses pemasangannya diakui cukup merepotkan. Kepala silinder harus dibawa ke bengkel bubut untuk diperbesar lubang masuk dan keluar (intake-exhaust). Setelah itu diperlebar saluran masuk dan buang (porting polish).

Langkah tersebut dilakukan untuk menyesuaikan dengan noken as (camshaft) kompetisi produk Jun Auto yang membutuhkan kompresi tinggi agar bisa disetel maksimal. Jun sendiri sebenarnya lebih tenar dalam hal penyedia komponen kompetisi untuk Honda. Barang dengan durasi 264 derajat dan lift 9,5 (spek penggunaan sehari-hari) ini langsung dikirim dari Jepang. Pemasangannya ternyata harus mengorbankan teknologi variabel katup, VVT-i. "Pengaturan buka-tutup katup tidak sesuai dengan durasi dan lift camsahft, jadi saat dicoba katup sempat melengkung karena menabrak piston," kenang Yessar.

50 Persen
Komponen lain yang diganti untuk menunjang peningkatan tenaga pompa bensin custom, lubang bukaan gas merek Jasma, pipa saluran filter udara HKS, dan header Thunder model 4-2-1. Semua rombakan tersebut mampu mendongkrak tenaga hingga 50 persen, dari 109 PS @6.000 rpm jadi 160 PS @7.500 rpm. Torsi juga meningkat dari 141 Nm @4.200 rpm jadi 174 Nm @6.000 rpm.

Pemindah tenaga standar dipensiunkan dan masuk merek Levin karena rasio gigi dinilai sesuai. Agar daya cengkram merata kedua roda depan dipasang anti slip ( Limited Slip Differential/LSD) 1,5 way keluaran TRD. Performa tersebut diakui mampu melesat di lintasan drag race (400m) dalam 15 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com