Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Honda Accord yang Diluncurkan Hari ini

Kompas.com - 24/04/2013, 18:13 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi menjual Accord generasi kesembilan di Jakarta, besok. Salah satu varian yang akan diluncurkan adalah VTi yang merupakan varian termurah, seperti yang diabadikan KompasOtomotif di Sunter, siang tadi (24/4).

Secara desain, perubahan cukup besar. Tampilan body lebih ramping dan lekukan garis lebih halus. Dibanding pendahulunya, lampu depan lebih tipis dan sudah memakai proyektor dan daytime running light. Lis lebar corak krom yang berada di atas gril pindah ke bawah dan memanjang hingga sisi kanan-kiri menyerupai huruf "U". Lubang angin di bawahnya lebih lebar dan bentuk rumah serta lampu kabut berubah jadi kotak. Sementara desain  belakang lebih mirip dengan generasi ketujuh terutama pada lekukan bagasi dan juga bemper. Lampu rem terlihat lebih elegan dan lebih menonjol dari permukaan body samping.

Ketika KompasOtomotif melongok  ke dalam kabin, banyak fitur-fitur baru. Di tengah dasbor ada 2 layar monitor, yang atas berukuran 7 inci memiliki fungsi sebagai intelligent multi information display (i-MID). Sedang di bawahnya dengan ukuran lebih kecil untuk mengoperasikan audio dengan fitur layar sentuh. Selain itu di setir kini sudah terdapat tombol untuk mengatur sistem auido dan cruise control.

Ada penambahan beberapa teknologi baru yang kini dimiliki varian terbawah ini. Seperti pengatur bukaan gas untuk berkendara lebih irit yang disebut Econ mode yang tombol aktivasi berada di dasbor sebelah kanan setir. Lalu ada kamera di spion kiri (lane watch) memberi informasi visual area tak terlihat (blind spot) yang bekerja saat sein kiri aktif . Kondisi di sisi kiri akan muncul di monitor atas. Ada juga pengatur kesenyapan kabin (active noise control) dan hill start assist.

Sumber tenaga, seperti diberitakan sebelumnya menggunakan mesin Earth Dream, i-VTEC, DOHC, injeksi langsung dengan kapasitas sama yakni 2,4 liter. Tenaga yang dimiliki turun dari 180 PS menjadi 176 PS dengan torsi tetap 225 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com