Selasa, 21 Oktober 2014

Otomotif


GM Indonesia Stop Jual Cruze

Penulis: Agung Kurniawan | Rabu, 24 April 2013 | 17:44 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
Sumber : KompasOtmotif | Author : Sabastian

KompasOtomotif sempat menjajal Cruze di Singapura

Jakarta, KompasOtomotif - General Motors Indonesia mengambil opsi untuk menghentikan penjualan Cruze mulai tahun ini yang terlalu minim membuat skala ekonomi tidak terpenuh. "Semua stok sudah dihabiskan sepanjang 2012, mulai tahun ini sudah tidak ada lagi," komentar Maria Sidabutar, Direktur Hubungan Masyarakat GM Indonesia di Menteng, Jakarta Pusat, hari ini (24/4/2013).

GM Indonesia mulai meluncurkan Cruze sejak 15 Maret 2010, bermesin 1.800 cc, dengan dua pilihan transmisi manual dan otomatis. Seiring berjalannya waktu, penjualan sedan kecil itu justru terus menyusut, kalah bersaing dengan model lain di segmen sekelas seperti Toyota Corolla Altis, Honda Civic, Mazda3 dan Ford Focus. Melihat data wholesale Gaikindo, sepanjang 2012, Chevrolet hanya berhasil melepas 7 unit Cruze ke pasar.

Meski sudah dihentikan, GM Indonesia tetap berkomitmen pada seluruh konsumen Cruze dalam sokongan layanan purna jual di seluruh jaringan resmi Chevrolet Indonesia.

Prioritas

Direktur Pemasaran GM Indonesia, Yuniadi Hartono menambahkan, mulai tahun ini perusahaan sudah menentukan enam model utama yang menjadi prioritas penjualan, yaitu Spin, Aveo, Captiva, Orlando, Trail Blazer, dan Colorado. Artinya, model lain yang tersisa seperti Spark bukan jadi fokus utama.

"Kami sih maunya semua dimaksimalkan, tetapi ada prioritas dan saat ini Spin akan jadi primadona baru kita," tegasnya.

Terkait nasib Spark, Yuniadi memastikan GM Indonesia masih akan memasarkannya. Tapi, untuk meluncurkan varian transmisi otomatik yang sudah didengungkan sejak 2011 sepertinya belum jadi opsi utama. "Pasar terbesar kedua di Indonesia itu hatchback, jadi lebih baik kami fokus ke New Aveo saja dulu," lanjut Yuniadi.

Chevrolet Spark cukup tertekan di pasar city car Indonesia, seiring masuknya merek-merek Jepang ke segmen ini, antara lain Nissan March, Honda Brio, Mistubishi Mirage, Toyota Etios Valco dan Kia Picanto. Data Gaikindo menunjukkan total penjualan Spark sepanjang kuartal pertama tahun ini hanya 24 unit, relatif stagan, dari periode yang sama tahun lalu 28 unit.
 


Editor : Bastian