Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maserati Ghibli Tantang Trio Premium Jerman

Kompas.com - 22/04/2013, 08:29 WIB

Modena, KompasOtomotif – Maserati, produsen mobil sport yang sangat dikenal di China, meluncurkan sedan empat pintu, Ghibli di Shanghai Motor Show, untuk mengganggu trio Jerman, yaitu BMW Seri 5, Mercedes-Benz E-Class dan Audi A6.

Menurut Chief Executive Fiat Group, Sergio Marchionne, model baru akan dijadikan masterpiece untuk menaikkan penjualan. ”Kami bercita-cita meraih penjualan 50.000 unit per tahun. Dengan Ghibli, perlahan tapi pasti, target itu akan dicapai pada 2015,” jelasnya, dikutip New York Times.

Produsen berlogo trisula tajam itu berusaha menaikkan penjualan dengan target 6.200-an per tahun. Untuk itu, harga akan dijadi sebagai salah satu daya tarik

Sosok Ghibli terinspirasi oleh Quattroporte, namun dimensinya lebih kecil. Dari belakang, sepintas mirip Audi A4 dengan lampu meruncing ke bagian dalam namun buntut lebih "bahenol". Di interior, Maserati mempertahankan penampilan sporty dan dinamis dengan jok kulit, didominasi merah marun. 

Untuk mengenjot mobil ini, ditawarkan tiga pilihan mesin, enam silinder, dua mesin bensin dan diesel. Pertama, 3.000cc V6, 330 PS sanggup melesat 0-100 kpj dalam 5,6 detik. Kedua,  dilengkapi turbo kembar, 410 PS, bisa sprint 0-100 kpj dalam 5 detik. Terakhir, mesin diesel 3.000cc V6, 275 PS, mampu berkselerasi 6,3 detik untuk 0-100 kpj.

Ghibli, dalam bahasa Arab yang berarti angin panas  yang berhembus dari Utara Gurun Sahara mebelah daratan Mediterania setiap musim panas tiba. Dengan nama ini, Maserati optimistis Ghibli mampu menghembuskan angin untuk menambah penjualan Maserati.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com