Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vettel Melenggang, Alonso Terganggu DRS

Kompas.com - 21/04/2013, 22:48 WIB

Sakhir, KompasOtomotif - Balapan yang menempuh 57 lap atau berjarak total 308,484 km (panjang lintasan 5,412 km) dan dimenangi Sebastian Vettel dengan mudah pada Minggu (21/4/2013) itu diwarnai "drama membingungkan" oleh Ferrari. Sebelum lepas garis start, mobil Alonso yang start di urutan ketiga dipasangi ban medium, sedangkan rekannya Felipe Massa yang berada di sampingnya memakai ban kompon keras.

Dengan pemakaian ban yang berbeda ini, jelas Ferrari tak ingin keduanya bersaing atau bisa gugur di awal lomba. Sebab, dengan memakai ban keras, tentu Massa akan kalah cepat dari Alonso saat start. Dengan begitu, ia akan menahan, paling tidak Mark Webber dan Lewis Hamilton.

Alonso terganggu mobil

Benar saja, saat start, Vettel yang bergerak lamban dapat disalip Alonso dari sisi luar di tikungan pertama. Namun, beberapa tikungan kemudian, Vettel dapat membalasnya dan lap 2 giliran Rosberg coba dilewati di tikungan pertama, tetapi dapat direbut kembali.

Masuk lap 3 di tikungan pertama, Vettel berhasil mengambil posisi terdepan dari Rosberg. Satu lap kemudian, giliran Alonso melewati Rosberg, diikuti Paul di Resta (Force India) yang dilakukannya di lap 6. Sementara Massa, Webber, dan Button sudah menempel di belakang Rosberg yang keempat.

Anehnya, pada lap 8 Alonso mengarahkan mobil ke pit untuk mengganti ban, padahal ia memakai ban medium dan paling sedikit menghabiskan 14 lap. Ternyata, sistem DRS-nya tak berfungsi dan akibatnya pada lap 9 posisinya dari keenam melorot jadi kesembilan.

Di sini Alonso menunjukkan kehebatannya. Button dapat disalipnya di lap 46. Hanya, untuk bisa naik podium ia kembali harus bisa melibas Di Resta (ketiga), Grosjean (keempat), Webber, dan Hamilton. Tetapi, peluangnya tertutup karena ia mengalami kesulitan menyingkirkan Perez yang sukses melibas Webber di tangga ketujuh. Akhirnya Alonso harus puas finis kedelapan.

"Balapan kali ini saya belum beruntung. Masak saya harus masuk pit dua kali dalam dua lap," keluh Alonso yang sampai empat seri ini dua seri berjalan tidak mulus.

Yang seru dari balapan ini, di mana duo pebalap McLaren Perez dan Button yang beriringan, sama-sama melibas Rosberg di posisi keenam. Setelah itu giliran Hulkenberg dimakan mereka. Masuk lap 27, Button pun harus melewati rekannya di tikungan pertama dan menduduki urutan keenam. Persaingan keduanya terus berjalan sampai lap 33, bahkan Perez sampai menyeruduk ringan Button.

Penggantian ban yang lebih cepat dilakukan Perez di bagian terakhir membuat pebalap Meksiko itu mampu meraih hasil lebih baik dari rekannya. Ia menyentuh finis keenam, sedangkan Button ke-10.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com