Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jelang GP Austin

Setelah "Pole", Rekor Baru Menanti Marquez

Kompas.com - 21/04/2013, 05:40 WIB

AUSTIN, Kompas.com - Marc Marquez membuat rekor sebagai pebalap termuda yang meraih pole position MotoGP. Rookie MotoGP tersebut mengukir rekor itu setelah mencatat waktu tercepat pada kualifikasi GP Austin di Circuit of the Americas (COTA), Sabtu (20/4/2013) siang waktu setempat atau Minggu (21/4) dini hari waktu Indonesia.

Marquez mengalahkan rekor yang ditorehkan Freddie Spencer. Jika saat balapan Marquez bisa melanjutkan dominasinya di trek baru dalam kalender MotoGP ini, maka dia bakal kembali menumbangkan rekor lama yang sampai sekarang masih dipegang Spencer, juara dunia dua kali kelas 500 cc bersama Honda, pada era 1980-an.

Memang, Marquez sudah memperlihatkan dominasinya di COTA sejak uji coba privat bulan lalu, di mana dia selalu tercepat selama tiga hari tes. Kemudian, dalam dua latihan bebas pada hari Jumat (19/4), Marquez tak terkalahkan.

Pada latihan bebas ketiga, rekan setimnya di Repsol Honda, Dani Pedrosa, bisa membuat catatan waktu terbaik, sebelum Marquez kembali menjadi yang tercepat pada latihan bebas keempat atau terakhir. Dan, saat kualifikasi yang hanya berdurasi 15 menit, Marquez tak terbendung untuk meraih pole position, setelah mencatat waktu 2 menit 03,021 detik, unggul 0,254 detik atas Pedrosa.

"Tentu saja kami senang, karena untuk pertama kalinya meraih pole position yang mana penting dan selalu menyenangkan!" ujar Marquez sambil tersenyum.

"Kami tahu sebelumnya bahwa kami bis bertarung untuk pole, tetap anda tak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam sesi. Baik Dani maupun Jorge cepat selama satu lap, dan kami mampu mengatasi mereka.

"Hal penting mulai besok, karena kami menjalani balapan yang panjang, dan perlu fisik yang tangguh, dengan banyak kemungkinan perubahan. Kami harus siap, karena besok merupakan yang sebenarnya dan saya akan melakukan yang terbaik semampuku!"

Ini akan menjadi seri kedua Marquez dalam musim pertamanya di MotoGP. Pada seri pembuka di Qatar, dua pekan lalu, Marquez start dari posisi keenam dan finis di posisi ketiga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com