Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Caravelle Berkabin ala Hotel

Kompas.com - 18/04/2013, 16:20 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Bila sebagian pemilik VW Caravelle menjadikan kendaraannya untuk rekreasi keluarga karena bisa membawa 7 penumpang, Acien mengubahnya menjadi kamar hotel.Sayangnya, tidak bisa untuk menanmpung banyak orang.

"Ini bukan untuk rekreasi keluarga, buat mereka yang super sibuk dan sering bepergian jauh untuk keperluan bisnis yang menghabiskan waktu berjam-jam. Waktu istirahat sudah pasti tersita. Nah, kita buatkan sesuatu yang spesial agar di perjalanan bisa istirahat atau memperoleh hiburan yang mumpuni dan lengkap," papar modifikator asal Jember, Jawa Timur ini.

Eksklusif
Selain baris pertama, semua jok dipensiunkan. Begitu pula trim di sisi kanan yang harus dicopot, diganti dengan etalase untuk menaruh komponen audio dan keperluan makan-minum yang dibuat dari medium-density fiberboard (MDF) atau partikel kayu yang dipadatkan. Alasannya memilih bahan ini, rapi, bersih dan eksklusif.

Sandaran jok depan dibuat pembatas untuk memberikan ruang privasi bagi penumpang belakang. Agar tidak terkesan kosong,  bagian tengah dinding dipasangi TV 26 inci. Di kanan-kiri, dipasang pula subwoofer dan speaker. Untuk hiburan, selain bisa memainkan DVD, karaoke dengan mikrofon nirkabel juga Playstation.

Agar bisa tidur dengan nyaman, dipasang dipan dengan kasur Latex untuk ukuran single. Di sampingnya sofa untuk duduk santai. Bila ingin menikmati minuman dingin, tinggal ambil di kulkas mini di sudut pilar D.

"Tidak semua mobil minibus bisa dibuat seperti ini, hanya van saja. Kia Karnival atau Hyundai Trajet masih bisa. Toyota Innova terlalu sempit," ungkap Acien. Dana yang dihabiskan untuk memodifikasi van ini Rp 100 juta dengan waktu  sekitar 3 bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com