Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Baru Daimler: Mobil Diam Harus Bermanfaat

Kompas.com - 16/04/2013, 09:28 WIB

Stuttgart, KompasOtomotif – Daimler merilis konsep dan filosofi masa depan yang membuat mobil punyai nilai dan peran lebih untuk kehidupan. Untuk itu, diusung semboyan ”Future Needs Utopia” dengan konsep pertama ”Giving Back to The City” untuk mengurangi anggapan negatif terhadap kendaraan dan mengedepankan fungsi lebih luas untuk manusia.

Dikatakan, mobil yang sedang diparkir harus tetap berfungsi. Misalnya, memberi tanda kepada pengendara lain dengan menyalakan lampu sein secara otomatisi sein, khusus bila anak kecil menyeberang jalan. Atau menyalakan lampu untuk menerangi jalan yang sangat gelap jika ada pejalan kaki lewat.

Mobil yang berhenti juga bisa menjadi lahan promosi, dengan memasang iklan di pintu atau kaca. Tak hanya itu, mobil juga membuat hubungan dengan orang lain, seperti telepon dan internet tanpa ponsel.

Konsep kedua adalah ”Double Porpose” atau fungsi ganda. Ketika diparkir, mobil mengubah ”jati diri” menjadi taksi tanpa pengemudi. Parkir pun menghasilkan uang bagi pemiliknya.

Ketiga, ”Carchitecture”, membuat mobil sebagai bagian dari arsitektur rumah dan bisa disatukan. Tepatnya, mobil berfungsi sebagai penyimpan energi untuk menyalakan listrik rumah atau penyalur energi. Misalnya, menggantikantugas AC ruangan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com