Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Sepeda Motor Audi Berbasis Ducati

Kompas.com - 15/04/2013, 15:03 WIB

KompasOtomotif - Sepeda Audi! Mana mungkin? Bukankah Audi sudah punya Ducati yang diakuisisi pada tahun lalu? Memang benar! Justru karena akuisisi itulah seorang desainer otomotif asal Prancis, Thibault dan saudaranya Mac Devauze serta modeler Clement Couvreur menawarkan konsep sepeda motor untuk Audi.

Ia berharap, paling tidak, sepeda motor ini bisa ditampilkan Audi pada setiap pameran untuk menarik pengunjung atau media. Karena itulah, Thibault mengirimkan karyanya ini ke beberapa media untuk dipublikasikan. Ia sendiri mengaku kepada Gizmag, karya yang sudah dipublikasi oleh beberapa media on-line ternyata mendapat sambutan hangat dari Ducatista (penggemar Ducati).

DKW

Sebenarnya, Audi sudah punya merek sepeda motor yang cukup terkenal sebelum perang dunia ke-2, yaitu
Dampf-Kraft-Wagen alias DKW. Sempat menjadi produsen nomor satu dunia waktu. Produknya dijadikan patokan untuk dicontek oleh produsen lain. Pasalnya, sebelum perang dunia ke-2, DKW sangat dominan di balapan GP Eropa untuk mesin-mesin kecil.

Sepeda motor DKW paling terkenal adalah RT125, menggunakan mesin dua langkah, satu silinder dengan kapasitas 125 cc. Waktu itu, DKW juga membuat mobil. Sementara Audi sendiri saat itu masih bernama Auto Union dengan logo empat cincin.

Rancangan DKW dijadikan sebagai basis oleh berbagai merek dan yang terkenal adalah Harley Hummer, BSA Bantam, Jawa 125, Royal Enfield Flying Flea danTriumph BDG 125. Paling mencolok adalah RT125. Model ini dikopi “habis” oleh Yamaha sebagai sepeda motor pertamanya yang diberi nama YA125. Bahkan kemudian diikuti pula oleh Kawasaki.


Teknologi

Tak kalah menarik, konsep yang ditawarkan perancang Prancis ini adalah memanfaatkan keahlian atau teknologi Audi dan Ducat. Mislanya, menggunakan bodi atau rangka dari serat karbon, sistem girkboks dengan perpindah gigi langsung dan kehebatan DKW dengan mesin-mesin kecil.


Untuk konsep yang dipublikasi ini, Thibault menyebutkannya sebagai sepeda motor roadster. Mesin diadopsi dari Ducati 848. Elemen Ducati Hypermotard dan Monster juga dijadikan sebagai basis untuk merancang sepeda motor konsep ini.


Kalaupun Audi tidak bersedia menggunakan logonya pada sepeda motor, bisa saja dengan melahirkan kembali DKW. Apalagi, banyak merek lama yang sempat mati, kini dihidupkan kembali. Sepeda motor baru ini akan bersanding dengan Ducati, menyasar pasar masing-masing?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com