Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LCGC Molor, Daihatsu Rugi Rp 6 Miliar

Kompas.com - 11/04/2013, 08:28 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - PP LCGC atau mobil murah yang terus molor menyebabkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang sudah siap memproduksi Agya-Ayla rugi Rp 6 miliar sampai saat ini. 

"Rencana bisnis saya berantakkan! Seharusnya produksi sudah dilakukan dari Januari, dengan 1.000 unit per bulan, selanjutnya menjadi 2.000 unit dan 3.000 unit. Saat ini seharusnya  sudah 6.000 unit. Kini semuanya jadi hilang," komentar Sudirman MR, Presiden Direktur ADM di Sunter, jakarta Utara, kemarin (10/4/2013).

Diperkirakan, kalau  mobil dijual Rp 100 juta, potensi kerugian mencapai Rp 6 miliar. "Itu belum termasuk Agya. Jadi Ayla saja. Soal nilainya bisa dihitung sendiri, kira-kira berapa," lanjut Sudirman.

Beban moral lainnya, perusahaan pemasok terpaksa berhenti beroperasi karena Agya-Ayla tidak kunjung diproduksi. Saat ini, ADM memanfaatkan pasokan dari 114 perusahaan komponen lokal untuk mobil tersebut.

"Dari seluruh perusahaan, 30 adalah pemasok baru dan hanya memasok untuk kami. Akhirnya mereka menganggur," lanjutnya. 

Daihatsu satu-satunya produsen yang sudah siap memproduksi mobil murah di Indonesia. Empat merek Jepang lain,  Suzuki, Honda dan Nissan memulainya tahun depan.

Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian optimis, regulasi LCGC bisa keluar tahun ini. "Saya rasa pasarnya bisa berkisar sampai 10.000an unit per bulan jika sudah mulai dipasarkan. Sebentar lagi, tunggu saja," tutup Budi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com