Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISS Tidak Mudah Dipasang pada Sepeda Motor Sport

Kompas.com - 11/04/2013, 08:12 WIB

Tangerang, KompasOtomotif – Saat ini PT Astra Honda Motor (AHM) mencangkokkan teknologi Idling Stop System (ISS) pada dua tipe, PCX dan Vario 125. Di masa mendatang, tidak menutup kemungkinan digunakan pada semua sepeda motor baru. 

Head of Corporate Communication AHM Kristanto mengatakan, kemungkinan itu ada, namun harus melalui proses studi panjang. ”Kami akan mempelajari pemakaian teknologi ini untuk tipe lain. Ya, kita lihat saja nanti respons masyarakat dengan dua varian yang sudah dilengkapi dengan ISS ini," jelasnya. 

Kristanto belum bisa memberikan gambaran untuk model apalagi ISS dipasang, termasuk sepeda motor sport. Hanya dijelaskan, untuk sepeda motor sport, butuh usaha lebih besar ketimbang skuter matik.

Pernyataan itu dipertegas Sarwono Edi, Technical Service Training Manager AHM, bahwa untuk ”meng-ISS-kan” sepeda motor sport  lebih rumit ketimbang skutik.

”Kalau sama-sama matik, cuma ganti ECM (Engine Control Modul), kabel bodi, plus tombol. Kalau di motor sport belum ada AC generatornya, jadi harus memasangnya dulu dan disesuaikan lagi. Prosesnya lebih besar,"  jelas Edi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com