Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Vario 125 CBS ISS Bisa 76,098 Kpl

Kompas.com - 10/04/2013, 17:13 WIB

Tangerang, KompasOtomotif — Untuk membuktikan teknologi idling stop system (ISS) yang dipasang pada Honda Vario 125 CBS bisa mengirit konsumsi bensin (bahan bakar), hari ini PT Astra Honda Motor (AHM) mengujinya bersama wartawan pada acara Fun Riding Honda Vario 125 CBS ISS, di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Metode pengetesan, para wartawan diminta mengendarai skutik tersebut pada jarak tempuh 15,5 km dengan 11 titik lampu lalu lintas dan waktu berhenti termasuk lama. Kondisi lalu lintas tidak terlalu macet, jalanan lurus, dan diselingi hujan. Skutik tersebut dikendarai dengan metode "eco-riding".

Ternyata, hasil paling irit setelah dikonversi (karena jarak tempuh hanya 15,5 km) adalah 76,098 kilometer per liter (kpl). Hasil itu menurut AHM lebih baik dibandingkan yang dilakukan dengan metode ECE R40 (standar internasional di laboratorium), yaitu 55,8 kpl. Dibandingkan dengan varian lain, ISS lebih irit 7 persen dari Vario PGM-FI dan 37 persen bila dibandingkan dengan Vario karburator. 

Sementara itu, KompasOtomotif  yang berusaha menggebernya dengan cara normal, pada kecepatan rata-rata 50-60 kpj, memperoleh hasil 54,085 kpl. Pengukuran bahan bakar dilakukan dengan cara mengisi tangki dari penuh kembali penuh (DPKP).

”Dengan cara eco riding, ternyata konsumsi BBM Honda Vario 125 CBS ISS jauh lebih irit. Ini menunjukkan, manfaat teknologi ISS luar biasa untuk mengirit bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang,” ungkap Kristanto, Head of Corporate Communication AHM.

ISS mematikan mesin setelah berhenti lebih dari tiga detik. Untuk menghidupkannya kembali, cukup dengan menarik tuas gas. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com