Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cairan Anti-Ranjau Paku!

Kompas.com - 08/04/2013, 15:49 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Meski sudah banyak relawan pembersih ranjau paku, kenyataan masih banyak benda tacam kecil lain bertebaran di jalan raya. Untuk menghindarinya, selain kewaspadaan, bisa juga memanfaatkan M-One, cairan anti-ranjau, langsung menambal ban bocor saat tertusuk beda tacam. 

Cara menggunakannya, masukkan cair ini melalui lubang angin (pentil) ban. Di dalam ban (tanpa ban dalam), cairan akan menggumpal. Selanjut, cairan menambal lubang yang dibuat oleh paku. Meski bisa dipakai untuk segala jenis ban, M-One disarankan hanya untuk ban tubeless. Jika terpaksa, untuk ban non-tubeless, pelek roda harus dilapisi dengan manset atau selendang dari karet.

Jumlah cairan yang dibutuhkan tergantung pada ukuran ban, rata-rata 100 ml (1/2 botol) untuk sepeda, 200ml (1 botol) sepeda motor besar dan mobil 400 ml (2 botol). Diklaim tidak ada efek samping, termasuk menyebabkan ban jadi seimbang. Bila saat digunakan ban kena paku, sebaiknya dicabut.  

cairan anti-ranjau ini bisa bertahan (berfungsi) sampai usia pakai ban berakhir. Harga, antara Rp 25-50 ribu untuk berbagai jenis ban sepeda motor. Bagi yang berminat, bisa menghubungi PT Karya Cipta Mandiri Pratama melalui  nomor 021-99998185 atau 08129888785.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com