Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Range Rover Sport Diet Sampai 420 kg

Kompas.com - 04/04/2013, 08:01 WIB

New York, KompasOtomotif – Range Rover Sport sudah diluncurkan di New York Motor Show beberapa hari lalu. Namun masih banyak yang penasaran. Pasalnya, mobil ini lebih ringan hampir setengah ton (420 kg) atau bobotnya berkurang sampai 39 persen dari pendahulunya!

Juga diklaim, inilah SUV tercepat dan terringan saat ini karena dibuat dengan bodi dari aluminium dengan basis PLA atau Premium Lightweight Architecture Range Rover MK4. Penurunan terbesar diperoleh dari bodi yang terpisah dari sasis.

Direktur desain Land Rover, Gerry McGovern, menyatakan mobil ini sangat unik dan punya sejuta nilai lebih. ”Kami berhasil mengurangi berat sedemikan banyak adalah sebuah prestasi. Desainnya juga memikat, gabungan Evogue dengan Range Rover Sport lama," jelasnya.

Kabin Range Rover Sport lebih lebar, memberi ruang kaki dan kepala yang lega karena bodi lebih panjang 6 cm dari pendahulunya. Suspensi udara Land Rover's Terrain Response System dan power steering baru membuat  pengendalian SUV 7-penumpang (pertama untuk Range Rover) ini semakin manap.  Untuk penggerak dipilihkan sistem 4x4 yang mudah dioperasikan.

Saat diluncurkan, disediakan tiga piliahan mesin 5.000 cc V8 bensin, 03 PS, diesel V6 3.000 cc turbo, 255 PS dan  SDV8 (super-diesel) 4.400 cc, 335 PS. Land Rover juga mempertimbangkan untuk menyediakan hibrida diesel.

Mulai dijual musim panas tahun ini dengan harga paling murah, 78.700 dollar AS (Rp 767juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com