Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Evalia Dijiplak di China

Kompas.com - 01/04/2013, 19:02 WIB

Guangdong, KompasOtomotif - China tak hanya dikenal sebagai negeri berpenduduk paling banyak di dunia (1,3 miliar jiwa), tapi juga sebagai plagiator. Kali ini, korbannya Nissan NV200 (di Indonesia dikenal dengan Evalia).  MPV 7 penumpang tersebut dijiplak oleh Guangzhou Auto (GA), meski tidak sama persis, hanya bagian tertentu saja.

Seperti desain body kotak dan pintu samping model geser. Sementara lampu depan dan gril versi tiruan lebih besar, plus aksen krom pada bagian atas-bawah gril serta logo. Di belakang, lekukan pintu bagian atas terlihat lebih landai dan posisi lampu model vertikalnya lebih ke atas dan lebih panjang. Uniknya, produk GA tersebut sudah dilengkapi dengan sensor parkir yang ditempel di bemper belakang.

Di China sendiri NV200 diproduksi kerja bareng Zhengzou-Nissan. Jantung pacu menggunakan 1,6 liter dengan tenaga 113 PS. Sedang versi GA belum ketahuan tipe dan kapasitasnya. Saat ini, GA memiliki ragam mesin, antara lain 1,8 atau 1,5 liter baik turbo maupun non turbo.

Untuk harga NV200 dijual mulai 79.800 - 130.800 yuan atau sekitar Rp 125,2 - 205,2 juta. Sedangkan GA masih dalam tahap perhitungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com