Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Detail Penyegaran pada Nissan Mach

Kompas.com - 31/03/2013, 12:02 WIB

Jakarta, Kompas Otomotif - Sejak diluncurkan pada November 2010, penampilan March belum  pernah disegarkan (facelift). Sementara kompetitor terus bertambah, antara lain Honda Brio, Mitsubishi Mirage dan terakhir adalah Toyota Etios Valco. Sebelumnya, March bisa berjaya di segmennya dengan mengalahkan kompetitorseperti Kia Picanto, Chevrolet Spark, Daihatsu Sirion dan Suzuki Splash.

Tahun ini, March harus mengalami pencegaran. Hal tersebut tersirat saat KompasOtomotif dengan Teddy Irawan, Senior Wakil Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, beberapa waktu lalu di Bandung. Saat itu KompasOtomotif menjelaskan, posisi March makin terdesak oleh kompetitor, sementara faclift belum kunjung muncul. “Tunggulah. Tahun ini juga tampil,” balas Teddy.

Thailand
Nissan Thailand sebagai basis awal March, minggu lalu sudah memperkenalkan March facelift dan meluncurkannnya pada pembukaan Bangkok Interinational Motor Show 2013 (ke-34) pada awal minggu ini. Perubahan, atau penyegaran pun dibeberkan. Facelift ini juga akan dilakukan Nissan terhadap March yang dirakit dan dijual di Indonesia.

Penampilan March baru lebih gaya (maklum masih segar). Namun mesin masih tetap, HR12, 3-silinder dengan kapasitas 1.198 cc, menghasilkan tenaga 79 PS @rpm dan torsi 10,5 Nm @4.000 rpm. Untuk torsi, lawan March paling kompetitir adalah Yoyota Etios Valco dan Kia Picanto. Karena itu pula transmisi masih sama, CVT untuk otomatik 4-pecepatan  dan manual 5-percepatan.

Penyegaran
Eksterior yang disegarkan penampilannya adalah lampu depan. Kini dirancang dua warna, hitam dan berlapis krom dengan garis aksentuasi garis mata krom. Untuk mengetahi detail penyegaran March, klik Galeri foto “Nissan March Facelift” ini.

Untuk gril, huruf “V” berlapis krom sebagai identititas baru untuk memberi kesan sport. Bentuk lampu kabut dan rumahnya juga berbeda - segi tiga - kini diberi ornamen berupa bingkai berlapis krom. Perubahan lain, pelek alloy 15 inci.

Belakang, bemper dan lampu kombinasi juga berubah. Kalau dulu berupa segmen putih-ptuih merah, kini lampu LED di atas dan lampu mundur di tengah. Bentuk bemper belakang juga diubah.

Kaca spion samping yang bisa dilipat otomatis. Biasanya model begini untuk tipe paling tinggi atau mahal. Kabin kini tampil cerah dengan warna beige atau krim.  Dasbor kini juga berubah, khusus bagian tengah, tempat kontrol AC dan head unit menjadi hitam dengan bingka berlapis krom.

Untuk memberikan lebih mewah, kini March menggunakan AC dengan kontrol otomatis. Peningkatkan fitur juga dilakukan terhadap audio, kini dilengkapi dengan koneksi USB dan Aux. Bahkan, juga ada varian yang dilengkapi dengan tombol kontrol audi di setir, lampu penerangan tambahan di bagasi dan penahan kepala untuk jok penyumpang belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com