Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha X-Ride Menguji Nyali di Kaki Merapi

Kompas.com - 30/03/2013, 17:09 WIB

Cangkringan, KompasOtomotif - Dua hari sebelum peluncuran yang dilakukan hari ini (30/03/2013), Yamaha langsung mengajak belasan wartawan Ciri khas skutik ini, setang yang lebih lebar yang bisa dilihat langsung (tidak ditutup seperti skutik biasa). Sein depan dipasang pada breket, berada di bawah tuas rem. 

Jok dua warna dengan tekstur kesat dirancang untuk menjaga tubuh pengendara dan boncengan tidak mudah bergeser saat melalui medan buruk. Kunci kontak skutik ini punya tiga fungsi, fungsi, yaitu untuk membuka bagasi, menghidupkan mesin dan mengunci. Sedangkan tangki bensin di bawah jok kapasitasnya 4,8 liter.

Mesin yang digunakan, berkapasitas 113 cc, 4 langkah, 2-katup, SOHC, berpendingin kipas (sama dengan Soukt GT), menghasilkan tenaga 10,5 PS @8.500 rpm dan torsi 8,5 Nm @7.000 rpm. Yamaha mengklaim, tenaganya 2 persen lebih besar dari Soul GT.

Medan Tes
Trek untuk mengetes skutik terdidari berbagai medan, aspal mulus, rusak, jalan tanah, pasir sampai bebatuan dengan berjarak7 km. Suspensi X-Ride dua sentimeter lebih tinggi dari skutik lain standar membuatnya terasa mudah melahap medan yang kurang mulus..

Suspensi belakang menggunakan sokbreker tabung ganda berukuran koil dengan jarak tidak sama. Waktu melintasi jalan tanah, pasir maupun bebatuan, suspensi dapat meredam getaran dengan baik, meskipun beberapa kali terasa sampai ke lengan. Juga cukup nyaman saat melibas batu berukuran dua kali lipat tapak ban. Dengan setang 2,5 cm lebih tinggi dari skutik biasa, pengendalian terasa lebih mudah. 
 
Dibutuhkan konsentrasi tinggi agar tidak selip saat melintas jalan berbatu. Kebetulan saat dites, ban yang digunakan untuk jalan aspal. Di Kali Gendol, lintasan lahar dingin Gunung Merapi, ketangguhan X-Ride dijajal habis. Pada medan seperti ini, tenaga dari mesin standar dirasa maih belum mantap!

Yamaha Indonesia menyempatkan mampir ke Desa Petung Kepuharjo untuk menyerahkan 1.000 bibit pohon sengon (secara simbolis) kepada penduduk setempat untuk penghijauan kaki Gunung Merapi, sebagai dari tangung jawab sosial perusahaan (CSR). 
 
Kesimpulan
Bagi mereka yang ingin kendaraan roda dua yang praktis (serba otomatis), namun jalan yang harus dilalui sangat bervairasi,  termasuk non-aspal, kini Yamaha X-Ride kini bisa dijadikan pilihan utama!
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com