Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapasitor Panas, All-New Mazda6 Di-"Recall"

Kompas.com - 25/03/2013, 16:40 WIB

Sydney, KompasOtomotif - Meski masih sangat baru, Mazda6 yang didistribusikan ke konsumen sekitar 1.500 unit di Australia, terpaksa harus dipanggil dan diperbaiki (recall).Termasuk 1.000 unit yang masih dalam proses pengiriman, seperti yang diberitakan Carsguide siang tadi (25/3).

Recall dilakukan karena kapasitor untuk menyimpan energi dari pengereman, terlalu panas. Jika dibiarkan akan menimbulkan kebakaran. Penggantian komponen membutuhkan waktu satu jam.

"Kerusakan timbul dari komponen yang diproduksi pihak ketiga. Saat ini kami sedang menunggu ketersediaan barang tersebut, masih dalam proses pengiriman. Diperkirakan, perbaikan dimulai paling cepat pertengahan April mendatang," terang Steve Macivier. juru bicara Mazda Australia. Hingga saat ini belum ada laporan insiden akibat kerusakan tersebut.

Mazda6 merupakan model pertama yang menggunakan kapasitor untuk menyimpan energi yang dihasilkan saat  mobil direm. Energi tersebut dipakai untuk membantu mengoperasikan AC, audio dan perangkat elektronik dalam kabin lainnya. Tujuannya, meringankan kerja mesin atau mengirit bahan bakar. 

Sementara itu, Mazda6 saat ini sedang dites oleh wartawan di Bali, rencananya diluncurkan April mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com